100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum

100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum. Inilah hasil Rakornas Kepegawaian Nasional 2018. Informasi sementara adalah formasi untuk guru.

Ya, ada sekitar 100.000 formasi bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2018. Yang merupakan Formasi bagi CPNS pusat dan daerah.

Proses pelaksanaan seleksi CPNS seluruhnya akan dilakukan oleh BKN. Pelaksanaan secara terintegrasi, portal pendaftaran nasional di sscn.bkn.go.id.

Sedangkan sistem pelaksanaan dengan menggunakan ujian tes CAT BKN. Bagi Anda yang ingin belajar menggunakan aplikasi CAT BKN, silahkan unduh melalui tautan di bawah ini.

Baca : Aplikasi Latihan Mengerjakan Soal Tes CPNS CAT BKN

Keterangan resmi dari pemerintah setelah Rakornas Kepegawaian 2018 adalah di bawah ini. Mohon dibaca info cpns di caradaftarcpns.com ini dari awal hingga selesai.

Pernyataan MenPan RB Asman Abnur, kepala BKN Bima Haria Wibisana, dan Deputi Bidang Sinka Iwan Hermanto. Yaitu terkait lowongan kerja dan formasi CPNS 2018.

Rakornas Kepegawaian Nasional 2018 juga dihadiri oleh kepala BKD dan instansi kepegawaian lainnya. Pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki sistem administrasi kepegawaian nasional.

100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum

Lowongan kerja CPNS sudah dibuka mulai tahun 2017 lalu. Kala itu hanya untuk Kemenkumham dan Lembaga. Serta beberapa formasi untuk pemerintahan DKI.

Rekrutmen CPNS tahun lalu terbilang sukses, karena dengan sistem yang baru serba transparan. Ini adalah 100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum bersama yang lainnya.

Tahun 2018 ini, pemerintah kembali akan membuka lowongan kerja CPNS karena banyak sekali ASN yang pensiun. Ada sekitar 220.000 ASN yang pensiun.

Oleh sebab itu, pemerintah dalam waktu dekat akan mengumumkan Formasi CPNS. Baik untuk K/L ataupun pemerintah daerah. Pemerintah propinsi dan kabupaten kota.

Bagi peminat kerja CPNS, silahkan ditunggu saja yang sabar, sebentar lagi akan diumumkan. Seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan oleh BKN.

Meskipun angka PNS yang pensiun mencapai 220 ribu, formasi CPNS 2018 tidak akan mencapai angka tersebut. Pemerintah akan memakai metode pertumbuhan minus.

Kecuali, formasi cpns 2018 ini akan ada penambahan khusus untuk formasi tenaga pendidik/guru dan tenaga kesehatan. Ini diluar formasi yang teknis.

Sedangkan untuk tenaga Honorer K2, ataupun yang belum berstatus Honorer apapun, juga dapat mengikuti seleksi CPNS ini. Mereka juga harus mengikuti aturan yang berlaku.

Honorer K2 dan rekan lainnya yang ingin menjadi CPNS juga wajib mendaftar dan mengikuti seluruh tahapan tes CPNS. Tidak ada jalur khusus untuk rekrutmen CPNS tahun 2018 ini.

Sudah jelas bahwa rekrutmen CPNS 2018 ini diadakan secara terbuka dan umum. Tidak akan ada nilai khusus dari golongan tertentu. Tidak ada model titip-titipan pejabat.

Untuk formasi guru akan ada sekitar 100 ribu formasi. Sedangkan tenaga kesehatan akan diluar jumlah formasi guru tersebut.

Menurut data Mendikbud, PNS guru yang pensiun sejak moratorium CPNS beberapa tahun lalu adalah 700 ribuan. Sehingga penerimaan CPNS Formasi Guru / pendidik akan dicicil.

Mungkin akan diadakan lagi Penerimaan CPNS 2019 nanti, khusus untuk tenaga guru. Sedangkan untuk formasi lain belum ada kepastian.

CPNS 2018 untuk formasi tenaga kesehatan juga akan lebih diutamakan. Karena terdapat puskesmas baru, rumah sakit baru, dan lainnya. Kepastian jumlah formasi CPNS Kesehatan belum diumumkan.

Seluruh proses pendaftaran penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara terintegrasi. Supaya tidak terpecah-pecah dan dapat terkontrol dengan mudah.

Seleksi CPNS terintegrasi akan dilaksanakan secara penuh oleh BKN.

Pendaftaran CPNS kali ini akan berdasarkan sistem formasi potensi daerah. Jadi misalkan daerah tertentu potensi pertanian, maka yang diterima juga harus pegawai ahli pertanian.

Lebih jelas dan lengkapnya terkait 100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum, silahkan Anda dengarkan melalui video pernyataan Menteri Asman Abnur berikut.

_https://www.youtube.com/watch?v=7Q_slKzBM1A&feature=youtu.be

Caranya yaitu, Anda copy tautan youtube di atas dan paste di halaman baru browser Anda. Hilangkan tanda underline(_) paling depan sendiri, lalu enter.

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan cara berkomentar yang baik dan bijak serta sopan.

Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan pengunjung.

Diharap dengan postingan 100.000 Formasi CPNS Bagi Tenaga Pendidik, Honorer K2 Boleh Ikut Tes Umum dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga sukses dan lulus menjadi PNS.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Cara mencetak Kartu bukti pendaftaran CPNS (abaikan tahunnya)
  2. 6 Langkah Menciptakan SDM Berkelas Dunia Melalui Penerimaan CPNS
  3. Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Lengkap Pembahasannya
  4. Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.