Alur Cara Pendaftaran PPPK 2022

Alur Cara Pendaftaran PPPK 2022. Cara daftar PPPK Guru 2022 tahap 3, pendaftaran PPPK 2022 non guru.

Pengumuman pembukaan seleksi PPPK Nakes 2022, cara mendaftar PPPK Kemenag 2022. Serta PPPK di instansi lainnya.

Info CPNS terbaru, gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, supaya dapat mengikuti update informasi seputar lowongan PPPK, Dikdin, dan CPNS berikutnya.

Apa itu PPPK ? Silahkan simak dan baca beberapa informasi di bawah ini.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Informasi panduan Alur Pendaftaran PPPK Tahap 3 Tahun 2022 dari awal hingga akhir. Inilah alur pendaftaran dan tahapan daftar PPPK Tahap 3 tahun 2022 dari Kemdikbud.

Admin bagikan juga syarat dan Jadwal PPPK yang disampaikan oleh PAN-RB. Skema seleksi PPPK Tahap 3 tahun 2022 yaitu alur pendaftaran, syarat peserta, dan ketentuan yang berlaku mengenai formasi.

Bahwa pembuatan akun SSCASN dilakukan satu kali saat awal pembukaan pendaftaran, sesuai ketentuan Permenpan RB pada pasal 23 ayat (2) dan (3) dalam seleksi PPPK Guru Tahun 2022.

Yang wajib pertama kali Anda lakukan tentunya membuka dan masuk ke laman SSCASN BKN di sscasn.bkn.go.id.

Cara Daftar PPPK / P3K di ssp3k.sscn.go.id 2022/2023· Salah satunya adalah cara unggah pas foto diri sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

Baca juga : Perbedaan PNS Dengan PPPK

Belajar dari pengalaman seleksi penerimaan PPPK tahun lalu, berikut adalah tahapan alur dan cara mendaftar P3K.

Lebih jelas dan lengkapnya silahkan pelajari grafis Alur Cara Pendaftaran PPPK 2022 di bawah ini. Apabila masih seperti tahun sebelumnya.

alur cara pendaftaran pppk 2022
Alur Pendaftaran PPPK 2022

Daftar PPPK 2022 umum melalui Login sscacn.bkn.go.id, cara cek nasib PPPK Guru Tahap 3 dan SIMPKB. Namun sepertinya meski dari umum, pendaftaran PPPK tahun ini tetap ada ketentuan khusus.

Syarat dokumen wajib untuk mendaftar PPPK 2022 harus ada, berikut ketentuan umum dan Kategori Peserta sesuai formasi.

Mimin ingatkan sebelum hari pendaftaran PPPK, coba untuk melakukan simulasi cara mendaftar PPPK Tahap 3 tahun 2022 bagi yang sudah memiliki akun dan belum di portal SSCASN.

Cek Kriteria Pelamar dan Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2022 pada link berikut. Sesuaikan dan pastikan Anda memenuhi syarat pendaftaran formasi PPPK yang dipilih.

Baca juga : Prioritas Pendaftaran PPPK 2022

Pendaftaran Akun SSCASN BKN GO ID (Alur Cara Pendaftaran PPPK 2022)

Pelamar melakukan pendaftaran akun melalui Laman https://sscasn.bkn.go.id.

Verval Ijazah

Pastikan ijazah / latar belakang pendidikan sudah terverifikasi melalui INFO GTK https://info.gtk.kemdikbud.go.id.

Pemilihan Formasi PPPK 2022

Pelamar memilih formasi yang linier berdasarkan Data Kualifikasi Pendidikan dan/atau Sertifikat Pendidik yang telah terverifikasi. Pelamar memilih formasi dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Dalam hal formasi tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar saat ini, pelamar wajib mendaftar di sekolah tersebut selama sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan linier.
  2. Formasi yang sudah dilamar sebagaimana dimaksud dalam huruf a, tidak dapat dilamar oleh pelamar lain.
  3. Dalam hal formasi tidak tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar, pelamar dapat mendaftar di sekolah lain yang masih tersedia formasinya.

Seleksi Administrasi PPPK

Penjelasan dan keterangan mengikuti Seleksi Administrasi PPPK. Rekrutmen PPPK 2022 juga akan melalui seleksi administrasi.

Berkas dokumen yang diperlukan untuk seleksi administrasi PPPK yaitu :

  1. Surat pernyataan yang dapat diunduh pada laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id.
  2. KTP elektronik (e-KTP) asli.
  3. Pasfoto.
  4. Ijazah.
  5. Sertifikat Pendidik bagi yang memiliki.
  6. Bagi pendaftar penyandang disabilitas menambahkan :

a. Surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan tentang jenis dan derajat kedisabilitasannya.
b. Menyampaikan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik (pelamar mengunggah video singkat tersebut di youtube/googledrive/dropbox/media penyimpanan lainnya).

Verifikasi administrasi PPPK dilakukan berdasar pada linieritas Sertifikasi Pendidik dan/atau Kualifikasi Pendidikan.

Bila Sertifikasi Pendidik tidak sesuai, dilanjutkan dengan verifikasi berdasar pada linieritas Kualifikasi Pendidikan.

Kesesuaian Linieritas dimaksud merujuk pada SE Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021.

Baca juga : Pendaftaran PPPK 2022 Tenaga Kesehatan

Ujian Seleksi Kompetensi

Pelamar yang lulus seleksi administrasi melaksanakan Ujian Kompetensi sesuai Formasi yang dipilih. Tahap ini hanya dapat diikuti oleh pelamar dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik.
  2. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara.

Jadwal, syarat, serta Alur cara Pendaftaran PPPK 2022 untuk guru dan guru.

Bobot soal ujian seleksi kompetensi PPPK

Alur Pendaftaran PPPK 2022

Kebijakan afirmasi seleksi guru PPPK

cara mendaftar pppk 2022

Pemilihan Formasi II

Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi I dapat memilih kembali formasi dalam instansi kewenangan yang sama. Seleksi kompetensi II dapat diikuti oleh :

  1. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  2. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  3. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik.
  4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.

Ujian Seleksi Kompetensi II

Pelamar melaksanakan Ujian Kompetensi II sesuai Formasi yang dipilih.

Pemilihan Formasi III

Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi kompetensi III dapat diikuti oleh :

  1. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II.
  2. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II.
  3. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II.
  4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.

Ujian Seleksi Kompetensi III

Pelamar melaksanakan Ujian Kompetensi III sesuai Formasi yang dipilih.

Baca juga : Pendaftaran PPPK Kemenag 2022

Semoga yang membaca dan membagikan info ini bisa lolos seleksi PPPK tahun ini dan diterima di instansi pilihan masing-masing yang berkah dan bermanfaat ilmunya nanti.

Bagikan juga kepada rekan lainnya yang membutuhkan dengan klik tombol di bawah.

Demikian berbagi informasi terkait dengan alur cara pendaftaran PPPK 2022.

Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.