ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya

ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya. Apakah benar di seleksi CPNS 2021 tidak akan membuka formasi Guru ? Berikut penjelasannya dari awal hingga akhir ya kawan-kawan.

Sejak beberapa hari lalu sudah beredar di beberapa portal online ternama, memberitakan bahwa dalam seleksi pendaftaran CPNS 2021 tidak akan dibuka formasi Guru.

Silahkan gabung bersama rekan lainnya di Facebookwww.caradaftarcpns.com, supaya Anda dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS tahun depan.

ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya

Bahkan admin juga sudah memberikan sedikit gambaran atau pendapat pribadi terkait berita ini. Silahkan dibaca pada tautan di bawah.

Jika memang di CPNS 2021 tidak akan membuka formasi Guru, maka ini merupakan pukulan hebat bagi rekan-rekan yang bercita-cita ingin menjadi guru PNS.

Khususnya adalah rekan-rekan guru honorer ataupun honrer K-2.

Admin tetap berharap bahwa formasi Guru tetap akan dibuka pada seleksi pendaftaran CPNS 2021. Berapapun itu jumlah formasi guru yang akan dibuka.

Baca Juga : Info Formasi CPNS 2021

Baca Juga : Pembukaan Pendaftaran CPNS 2021 April

Baca Juga : Simak Baik-Baik, Ini yang Harus Dipersiapkan Pada Seleksi PPPK 2021 Agar Lulus

Dan tiba-tiba berita bahwa Formasi Guru ditiadakan pada seleksi penerimaan CPNS 2021 mengemuka kembali.

Mohon berikan pendapat teman-teman di kolom komentar di bawah terkait ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya.

Namun, untuk lebih jelasnya kita tunggu info resmi dari pemerintah terkait rincian formasi CPNS 2021 yang akan dirilis nanti.

Karena berita peniadaan formasi guru dalam CPNS 2021 sepertinya terkait dengan rekrutmen guru PPPK 2021 dengan 1 juta kuota.

Seleksi penerimaan pendaftaran CPNS 2021 hampir dipastikan akan dibuka mulai April-Mei, sesuai dengan keterangan Kemenpan RB. Pengumuman formasi, syarat, dan jadwal pendaftaran kemungkinan pada bulan Maret.

Dan info yang beredar, seleksi penerimaan pendaftaran CPNS 2021 tak akan ada formasi guru. Karena formasi akan dialihkan dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

Baca Juga : CPNS 2021 Pengumuman Maret Pendaftaran mulai April-Mei

Baca Juga : Update Pendaftaran CPNS 2021 dimulai April-Mei

Menilik surat resmi Menpan RB nomor B/1313/M.SM.01.00/2020 tentang pengusulan kebutuhan guru PPPK dan perbaikan usulan ASN tahun 2021.

Kalau berdasarkan surat Menpan RB tersebut sepertinya pemerintah memang tak akan membuka formasi guru dalam seleksi CPNS 2021.

Karena sudah jelas, poin pertama dalam surat Menpan RB tertulis jika kebutuhan guru tahun 2021 seluruhnya melalui jalur PPPK.

Waduhhh….bisa gawat ni gaesss… Mari kita selalu berdoa bahwa formasi guru tetap akan ada pada seleksi CPNS 2021.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang SDM Kemenpan RB Teguh Widjinarko sebelumnya pernah mengatakan, pengajuan usulan formasi guru diperpanjang hingga 31 Desember 2020 untuk formasi PPPK.

Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian BKPP Pemkot Kotamobagu, Alfi Syahrin membenarkan berita ini, bahwa penerimaan CPNS 2021 tak akan ada formasi guru.

Simak informasi terkait ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya.

Baca Juga : Rilis Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

Karena pemerintah masih membutuhkan setidaknya 1 juta guru untuk mengajar di sekolah negeri. Dan seluruh kebutuhan guru tersebut diharapkan dapat terpenuhi dengan seleksi guru PPPK.

Kemenpan RB masih mem-verifikasi dan menetapkan formasi menurut analisis jabatan dan beban kerja jika usulan diterima. Dan seleksi penerimaan guru PPPK ini telah direncanakan mulai April 2020.

Untungnya, dalam seleksi guru PPPK ini, guru honorer yang berusia 20 tahun sampai 59 tahun bisa mengikuti dan melamar jabatan yang di inginkan.

Seleksi jalur PPPK ini maka usia pelamar itu bisa dari 20 tahun sampai dengan setahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang dilamar. Yakni kalau guru itu kira-kira 59 tahun,” kata Teguh.

Tentunya juga disertai beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa mendaftar ikut dalam seleksi PPPK guru. Tidak hanya usia saja persyaratannya.

Untuk Pemkot kotamobagu usulan formasi CPNS sudah diajukan sejak Agustus 2020. Dan benar tak ada formasi guru. Alokasi usulan CPNS khusus guru dialokasikan ke PPPK,” ungkap Alfi Jumat 11 Desember 2020.

Baca Juga : Persyaratan CPNS 2021

Baca Juga : Link pendaftaran CPNS 2021

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021 berikut admin caradaftarcpns.com bagikan persyaratannya :

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun, ketentuan lebih lanjut akan diumumkan kemudian dan diatur pada portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba.

    Mohon bagikan ke rekan lainnya Informasi terkait ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00.
  • Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
  • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan.
  • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pendidikan tinggi
  • Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5).
  • Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.

Baca Juga : Alur dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2021

Baca Juga : Gaji PNS Lulusan SMA SMK D3 S1 S2 Tunjangan dan Uang Makan

Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran CPNS 2021, sebagai berikut :

  1. Ijazah
  2. Transkrip nilai asli
  3. Scan KTP asli
  4. Pas foto
  5. Swafoto
  6. Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Demikianlah info Informasi terkait ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya.

Jangan hanya terpaku pada satu kesempatan saja, jika masih ada kesempatan lainnya.

Tunggu update informasi rekrutmen penerimaan CPNS 2021 2022 di web informasi cpns ini.

Baca juga : Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA SMK

Baca juga : Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan S1

Selain informasi seputar CPNS di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi dan menjadi CPNS PNS dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Terimakasih.

Share atau bagikan info CPNS 2021 ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

One Reply to “ASTAGA !! Tak Ada Formasi Guru di CPNS 2021, Ini Penjelasannya”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.