Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS

Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS. Tips Mengatasi Masalah NIK dan nomor KK saat Daftar CPNS.

Silahkan gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, supaya Anda dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS tahun depan.

Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS

Memang sering kali ditemui calon pelamar yang mendapatkan masalah ketidaksesuaian data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK. Terlebih ketika ingin mendaftar CPNS secara online.

NIK Bermasalah ketika Daftar CPNS, Berikut tips Mengatasinya. Cara Atasi Kendala NIK dan KK saat pendaftaran CPNS.

Tata cara mengatasi masalah NIK saat mendaftar formasi CPNS. Cara mudah mengatasi NIK bermasalah Saat Mendaftar CPNS tahun ini.

Saat pendaftaran CPNS, beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya KTP dan KK. Namun, NIK atau nomor KK calon pendaftar sering kali tidak dikenali oleh sistem karena belum validasi di Dukcapil.

Baca juga : Seleksi Penerimaan CPNS dibuka Mei

Pendaftaran CPNS tahun ini memang akan segera dibuka. Sebanyak 56 kementerian dan lembaga (K/L), 34 provinsi, 504 kabupaten dan kota yang membuka seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

Saat ingin mendaftarkan diri dalam seleksi penerimaan CPNS dan PPPK, beberapa berkas dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan calon pendaftar yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, ijazah/Surat Keterangan Lulus.

Serta beberapa dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi (K/L) yang Anda lamar. Secara umum memang sama syarat pendaftaran CPNS dan PPPK, tapi setiap instansi mungkin akan ada ketentuan yang berbeda.

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS dan PPPK pada instansi tujuan, calon pendaftar diharuskan untuk membuat akun SSCASN BKN di situs sscn.bkn.go.id.

Saat membuat akun SSCN BKN, calon pendaftar biasanya akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Baca juga : Link Pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id

Berbagilah informasi Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS dengan rekan lainnya.

Nah, dalam tahapan ini sering kali ditemukan calon pendaftar yang mengalami kendala karena ketidaksesuaikan data antara NIK dan KK.

Umumnya NIK atau KK calon pendaftar sering ali tidak ditemukan karena NIK atau KK tidak terdaftar pada sistem Dukcapil.

Tentunya jika NIK atau nomor KK tidak ditemukan akan menjadi hambatan saat akan mulai mendaftar CPNS dan PPPK.

Oleh sebab itu, apabila terjadi masalah ketidaksesuaikan data antara NIK dan Nomor KK, calon pendaftar harap segera mengajukan perbaikan (Verifikasi & validasi) data ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat sesuai alamat KTP.

Nantinya setelah validasi di Dukcapil setempat, maka akan segera di verifikasi juga di pusat untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

Baca juga : Inilah jadwal pembukaan sekolah kedinasan

Data kependudukan wajib dipastikan telah terkonfirmasi dengan server Dukcapil Pusat. Calon pendaftar bisa menghubungi DirJen Dukcapil Pusat melalui email [email protected].

Selain itu, masalah NIK dan KK yang tidak ditemukan atau Q & A terkait juga bisa disampaikan melalui Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil di nomor telepon 1500537, atau melalui WhatsApp di nomor 08118005373.

Informasi ini sebetulnya sudah admin bahas beberapa kali, diantaranya dapat Anda baca web ini selengkapnya.

So, jika Anda sendiri mengalami kendala NIK dan Nomor KK yang tidak sesuai atau tak ditemukan saat mendaftar CPNS dan PPPK, sebaiknya segera dan secepatnya untuk validasi di kantor Dukcapil terdekat.

Cukup membawa KTP dan KK asli ke kantor Dukcapil, maka petugas akan secepatnya melakukan validasi dan verifikasi data Anda.

Panduan Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS terbaru.

Bca juga : Cara daftar sekolah kedinasan

Setelah Anda melakukan verifikasi data kependudukan dan dinyatakan sudah valid, maka tunggu beberapa jam untuk mendaftar CPNS dan PPPK lagi.

Cara ini juga berlaku untuk teman-teman yang ingin mendaftar CPNS Sekolah Kedinasan, jika memang kendalanya sama.

Karena memang sering juga calon pendaftar CPNS Sekolah Kedinasan juga mengalami permasalahan hal serupa, yaitu NIK dan Nomor KK tak ditemukan saat melakukan pendaftaran Dikdin.

Untuk panduan pendaftaran CPNS dan PPPK tahun ini, silahkan baca pada beberapa tautan berikut.

Berikut admin bagikan panduan pendaftaran, contoh soal SKD & SKB, Psikotes, dan tips wawancara supaya lulus seleksi CPNS dan PPPK.

Ketentuan Swafoto / Foto diri

Cara Pendaftaran CPNS SSCN.BKN.GO.ID

Cara unggah upload berkas dokumen syarat pendaftaran CPNS

Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

10 Cara untuk Lulus lolos Tes Seleksi CPNS

Soal Psikotes Jawabannya Pdf

Contoh soal tes SKB CPNS

Jadi, peserta ujian tes CPNS dan PPPK yang dinyatakan lolos lulus seleksi administrasi saja nantinya yang bisa mengikuti tes SKD CPNS PPPK.

Demikianlah info Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS.

Baca juga : Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS BNPT

Syarat Alur Tahapan pendaftaran CPNS lulusan SMA SMK D3 S1 S2, semoga masih sama dengan tahun sebelumnya.

Selain informasi seputar CPNS PPPK dan Sekolah di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Jangan lupa berbagi informasi Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS ini kepada rekan lainnya dengan klik tombol di bawah.

Terimakasih.

One Reply to “Cara Mengatasi NIK Bermasalah Saat Daftar CPNS”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.