CPNS 2018 – 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan

CPNS 2018 – 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan. Instansi dengan income tertinggi CPNS 2018.

Inilah kabar terkini dari Pemerintah melalui KemenPAN RB. Yang akan kembali membuka rekrutmen CPNS pada Juli 2018.

Penerimaan CPNS gelombang 3 tahun 2018 ini diutamakan untuk mengisi kebutuhan pegawai di pemda. Baik dalam wilayah kabupaten/kota atau provinsi.

Hal tersebut telah dikatakan oleh Menteri PAN RB, Asman Abnur saat peresmian Excelso Coffee Shop di SPBU Vitka, Tiban, Batam, Senin (18/7/2018). Coba silahkan baca beberapa informasi di bawah ini.

Asman sendiri belum dapat memastikan jumlah formasi CPNS yang akan diterima kali ini. Karena hingga kini, hal tersebut masih dikaji uulang di Kemenpan dan Kemenkeu.

Usulan dari seluruh daerah sudah masuk, kita sedang kaji kebutuhannya,” kata Asman.

Jangan lupa untuk membaca CPNS 2018 – 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan ini.

CPNS 2018 - 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan

Asman sendiri menambahkan, tidak seluruh usulan dari daerah dapat dikabulkan. Karena terdapat 5 poin yang jadi tolak ukur dalam rekrutmen CPNS 2018 ini, yaitu :

1. Untuk mengisi kekosongan kursi ASN yang ditinggal pensiun PNS

Selain untuk mengisi kekosongan PNS yang pensiun, juga menggantikan PNS yang mengundurkan diri, meninggal dunia, dan masalah lainnya.

Di seluruh Indonesia saat ini, kata Asman, terdapat sekitar 220.000 kekosongan PNS. Dan formasi cpns sepertinya akan dibuka tidak melebihi jumlah tersebut.

Ya benar, memang tidak semua kekosongan akan diisi 100%. Ini karena pemerintah Indonesia menetapkan pertumbuhan minus PNS.

2. Penyesuaian anggaran dari APBD dan APBN

Penerimaan CPNS akan diperhitungkan dengan kekuatan anggaran. Terutama untuk daerah agar belanja pemda untuk PNS tidak membebani APBD.

Kalau PNS-nya kebanyakan, kasihan nanti rakyat, APBD hanya tersedot untuk belanja pegawai,” katanya.

3. Formasi berbasis potensi

Asman Abnur juga menegaskan, bahwa formasi CPNS untuk di daerah wajib disesuaikan dengan potensi daerah itu sendiri. Dengan tujuan rekrutmen CPNS ini dapat meningkatkan ekonomi daerah.

Jika sektor andalannya pariwisata, ya, bidang itu yang kita utamakan,” katanya.

4. Tenaga pendidik dan kesehatan diutamakan

Asman Abnur mengatakan bahwa rekrutmen CPNS 2018 akan diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan kesehatan. Mereka akan ditempatkan di setiap daerah.

Karena masalah pendidikan dan kesehatan harus menjadi perhatian utama daerah. Kenapa kedua bidang tersebut sangat diutamakan ? Karena menyangkut pembangunan sumber daya manusia masa depan.

5. Tak Ada Beking atau pejabat, Calo !

Menteri Asman Abnur juga selalu mengingatkan pada setiap calon peserta rekrutmen CPNS agar hati-hati. Yaitu bahwa dalam penerimaan cpns 2018 ini tidak ada sistem beking-membeking atau calon titipan pejabat.

Admin ulang kembali, bahwa CPNS 2018 – 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan ini tolong dibagikan kepada rekan lainnya.

Seleksi CPNS akan dilaksanakan dengan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT). Karena dengan sistem ini, hasil tes langsung bisa dilihat setelah peserta selesai ujian.

Siapapun tidak akan bisa membantu, termasuk menteri sendiri. Semuanya transparan karena hasil tes langsung bisa dilihat hari itu juga,” kara Asman.

Asman juga menambahkan himbauan dan terus mengingatkan. Agar peserta jangan percaya dengan rayuan siapapun.

Pendaftaran CPNS 2018 dapat melalui website resmi BKN di sini.

Oknum biasanya menjanjikan akan bisa diterima melalui jalur tikus. Jangan percaya ! karena hal itu bohong. Laporkan saja ke pihak berwajib, atau lapor bkn di sini.

Kalau Anda bayar seseorang dengan iming-iming, jangan percaya. Itu bohong semua,” katanya.

Namun demikian, Asman mengatakan, saat seleksi administrasi nanti, akan ada kuota 10% untuk peserta tes cpns lulusan dari S1 / sarjana.

Yaitu bagi yang mendapatkan gelar cum laude di perguruan tinggi. Dengan tujuan supaya para pegawai tersebut ke depan diisi oleh orang-orang profesional dan pintar.

Kita jatahkan 10 persen untuk yang meraih gelar sarjana dengan cum laude,” katanya.

Informasi tentang CPNS 2018 – 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan kiranya cukup sekian.

Semoga dapat bermanfaat dan amanah, bagikan juga artikel ini ke grup facebook yang Anda ikuti.

Terimakasih.

Baca juga :

  1. Cara Cetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2018
  2. Pengumuman Formasi CPNS 2018 serta Jumlah Kuota Setiap Daerah
  3. Soal CPNS 2018/2019 Kunci Jawaban PDF dan CAT Scan Lengkap

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.