Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya

Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya. Jelang pembukaan pendaftaran CPNS 2021, lengkapilah beberapa syarat utamanya. Termasuk syarat daftar CPNS 2021 secara umum.

Awal tahun 2021 pemerintah akan membuka lowonga kerja ASN sebanyak 1,3 juta formasi. Dan seleksi ASN 2021 ini khusus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK.

Nah, ayo gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, Agar dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS & PPPK berikutnya.

Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya

Formasi ASN 2021 paling banyak adalah kuota guru, yaitu 1 juta. Dan untuk formasi lainnya akan dibuka secara keseluruhan se-Indonesia.

Formasi ASN favorit 2021 selain guru antara lain bidan, perawat, dokter, hingga tenaga penyuluh dan teknis lainnya.

Baca : Seleksi PPPK Guru Kemenag 2021

Proses pengadaan tahun 2021 ini merupakan pengalaman pertama dalam merekrut sekitar 1,3 juta pegawai, jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya” kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

Dan inilah rincian formasi ASN CPNS dan PPPK tahun ini :

  1. Guru PPPK sebanyak 1.000.000 Formasi.

Peserta yang akan mengikuti seleksi pendaftaran PPPK harus memenuhi beberapa persyaratan. Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG.

  1. CPNS di Pemerintah Pusat sebanyak 83.000 Formasi (CPNS/CPPPK).

Akan disesuaikan masing-masing instansi atau lembaga untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan. Cek Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya.

  1. Pengadaan PNS di Pemerintah Daerah sebanyak 189.000 Formasi.

Sebanyak 70.000 PPPK selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

Baca : Persamaan Hak PNS dengan PPPK

Untuk ikut mendaftarkan seleksi penerimaan CPNS, ada beberapa hal yang wajib disiapkan oleh calon pelamar.

Karena tahapan seleksi ASN 2021 yang akan Anda lalui tidak sebentar, mulai dari pendaftaran hingga penetapan NIP akan memakan waktu yang lumayan lama.

Mengacu seleksi CPNS sebelumnya, maka dokumen berkas pendaftaran yang harus Anda siapkan sebagai syarat registrasi daftar CPNS yakni sebagai berikut.

  1. Kartu Keluarga (KK),
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  3. Ijazah,
  4. Transkrip Nilai,
  5. Pas foto,
  6. SKCK,
  7. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan Anda lamar.

Meskipun hingga saat ini pemerintah belum merilis tahapan seleksi CPNS 2021, silahkan belajar dari pendaftaran sebelumnya.

Seperti pendaftaran seleksi CPNS sebelumnya, tahapan seleksi PNS kemungkinan besar sama. Jika ada yang berbeda alur tahapan seleksi CPNS 2021, mungkin dikarenakan keadaan pandemi ini.

Rincian jumlah Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya secara lengkap.

Baca : Rincian Formasi CPNS 2021

Pendaftaran penerimaan seleksi CPNS biasanya akan dimulai dengan pembuatan akun SSCN BKN dahulu di sscn.bkn.go.id. Lalu pendaftaran CPNS 2021 dan setelahnya akan ada seleksi administrasi.

Untuk lolos seleksi administrasi, para pelamar harus memiliki kartu akun SSCN BKN dan kartu pendaftaran CPNS. Upload atau unggah beberapa dokumen berkas persyaratan yang diminta oleh panitia/sistem.

Berkas dokumen syarat pendaftaran tersebut nantinya akan diverifikasi keabsahannya oleh panitia.

Semua dokumen berkas persyaratan akan ditulis pada website SSCN BKN. Jika Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka pelamar bisa melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Pada tahapan tes SKD CPNS, biasanya akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Metode CAT SCAN akan terintegrasi dengan BKN.GO.ID.

Baca juga : Rincian Formasi CPNS dan PPPK 2021

Materi soal tes SKD berkisar tentang pengetahuan umum dan kemampuan berhitung peserta. Dalam web caradaftarcpns.com ini sudah mimin bagikan banyak sekali contoh soal tes SKD CPNS (TWK, TIU,TKP).

Usai SKD, akan ada seleksi kompetensi bidang (SKB). Materi soal tes SKB CPNS biasanya meliputi tes substantif bidang, psikotes, wawancara, tes fisik, hingga tes keterampilan untuk beberapa jabatan.

Setelah tahap SKB, adalah pengumuman kelulusan. Disini nilai SKD dan SKB akan diintegrasikan menjadi satu. Selain pertimbangan kelulusan lainnya dari panitia, karena nilai SKB melebihi passing grade belum tentu lulus semua.

Mohon untuk memperhatikan Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya, supaya Anda lulus dengan lancar.

Nantinya pelamar dapat cek pengumuman kelulusan akhir CPNS 2021 melalui akun sscn bkn atau website masing-masing instansi.

Tahap akhir seleksi CPNS yakni pemberkasan. Ketika pelamar sudah secara resmi dinyatakan lulus, maka wajib melengkapi beberapa berkas dokumen untuk pemberkasan dan penetapan NIP.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, minat masyarakat untuk bisa bekerja sebagai PNS selalu tinggi. Contohnya pada seleksi CPNS yang lalu, pengunjung web BKN membludak hingga 5 jutaan, padahal formasi cuma ratusan ribu.

Baca juga : Kapan Link Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka

Diperkirakan penerimaan ASN 2021 akan ada traffik ke website BKN setidaknya 4 juta lebih masyarakat yang mendaftar untuk memperebutkan 300.000 formasi CPNS.

Hal ini disebabkan karena dengan bekerja sebagai PNS tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja, namun pasti ada tambahan penghasilan lain seperti tunjangan kinerja, gaji ke-13, dana pensiun, dan tunjangan lainnya.

“Jadi PNS ada kepastian jaminan hidup. Karena ada kepastian, meskipun gapok kecil, tapi ada tunjangan kinerja. Belum lagi ada kebijakan Pak Presiden melalui Menteri Keuangan, ada gaji ke-13. Jadi yang paling enak sekarang ini adalah ASN“.

Yang pasti, menjadi ASN itu adalah pelayan masyarakat yang mempunyai tanggung jawab besar. Jangan hanya memandang dari segi pendapatannya saja.

Bekerja sebagai PNS saat ini jangan berikir untuk bekerja secara santai, seorang PNS dituntut untuk dapat bekerja produktif. Jangan lupa juga bahwa kinerja PNS juga diawasi oleh atasannya.

Baca juga : Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Demikianlah info Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya.

Selain berita Kapan Link Pendaftaran CPNS PPPK Dikdin Dibuka. Pengumuman jadwal seleksi CPNS & PPPK juga dapat Anda pantau di https://sscasn.bkn.go.id/.

Selain berita seputar CPNS di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK, Semoga teman-teman yang membaca dan membagikan halaman ini lulus lolos seleksi tahun ini.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi dan menjadi CPNS PNS dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Baca juga : Pendaftaran CPNS 2021 Online Segera dibuka

Seleksi CPNS tentang Kuota, Formasi, Tahapan, hingga Jadwal dan syarat pendaftaran. Cek Formasi CPNS yang Anda cari melalui webiste resmi SSCASN BKN GO ID.

Link pendaftaran CPNS PPPK Klik di https://sscn.bkn.go.id

Formasi CPNS untuk Kabupaten Kota juga akan diumumkan melalui BKD setempat.

Berikut admin bagikan panduan pendaftaran, contoh soal SKD & SKB, Psikotes, dan tips wawancara supaya lulus seleksi CPNS dan PPPK .

Ketentuan Swafoto / Foto diri

Cara unggah upload berkas dokumen syarat pendaftaran CPNS

Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

10 Cara untuk Lulus lolos Tes Seleksi CPNS

Contoh soal tes SKB CPNS

Share atau bagikan info Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

Terimakasih.

One Reply to “Formasi CPNS 2021 Cara dan Syarat Pendaftarannya”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.