Formasi CPNS 2021 Lulusan D3 S1

Formasi CPNS 2021 Lulusan D3 S1. Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS 2021 online, sscn.bkn.go.id 2021.

Pada bulan Maret 2021 Pemerintah merencanakan akan membuka kembali seleksi penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA 2021/2022.

Kabar ini sudah diutarakan langsung oleh MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo beberapa waktu yang lalu.

Cara Pendaftaran CPNS 2021
Alur pendaftaran CPNS 2021 2022

Silahkan gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, supaya Anda dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS tahun depan.

Tjahjo Kumolo menerangkan bahwa saat ini pemerintah masih melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian, lembaga serta instansi pusat maupun daerah.

Terutama mengenai alokasi jumlah kuota dan formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2021 nanti.

Baca Juga : Prioritas Utama Formasi CPNS 2021

Pendaftaran penerimaan CPNS 2021 sangat penting sekali. Karena juga sebagai penyeimbang saat masa krisis seperti ini, kematian ibu dan anak, juga karena tingginya angka stunting, serta wabah kopit.

Oleh sebab itu, ada beberapa sektor formasi yang menjadi prioritas, antara lain bidan, perawat, dokter umum dan spesialis.

Yang sudah beredar bahwa pemerintah akan membuka setidaknya 1 juta formasi CPNS TA 2021/2022.

Kalau hal ini memang akan terjadi, pastinya menjadikan rekrutmen CPNS 2021 dengan jumlah formasi terbanyak selama beberapa tahun ini.

Dan bocoran Formasi CPNS 2021 Lulusan D3 S1 yang banyak dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Guru (kuota: 1 juta),
  2. Bidan,
  3. Perawat,
  4. Dokter,
  5. Penyuluh pertanian,
  6. Penyuluh KB,
  7. Penyuluh PU.
  8. dll

Baca Juga : Bocoran Formasi Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Banyaknya jumlah kuota formasi CPNS yang akan dibuka tersebut juga akumulasi tahun ini yang tidak membuka seleksi penerimaan CPNS.

Namun ada juga kemungkinan besar bahwa jutaan formasi CPNS 2021 tersebut sebagian juga untuk lowongan PPPK dari tenaga honorer K2.

Karena tahun ini pemerintah lebih fokus dalam penanganan pandemi kopit.

Dengan banyaknya peminat CPNS 2021 tersebut, menandakan bahwa profesi menjadi abdi rakyat masih menjadi primadona.

Salah satu alasannya yakni besarnya jumlah penghasilan dan tunjangan hari tua yang diterima setelah resmi menjadi ASN.

Baca Juga : Tahapan Seleksi CPNS 2021

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 15 tahun 2019, tercantum makna bahwa seluruh pegawai negeri sipil lulusan sarjana (S1) yang bekerja dalam ruang lingkup pemerintahan akan mendapatkan besaran gaji yang sama.

Hal ini berlaku bagi seluruh kementerian, instansi atau lembaga pemerintahan pusat dan daerah.

Lulusan sarjana ( S1 ) yang lulus seleksi dan menjadi CPNS masuk kedalam golongan 3A. Sedangkan pendaftar seleksi CPNS dari lulusan SMA masuk kedalam golongan 2.

Baca Juga : Cara Pendaftaran CPNS 2021

Seorang CPNS akan memperoleh gaji sebesar 80% dari gaji total. Dan sesudah resmi menjadi PNS, gaji yang nantinya akan didapatkan adalah 100%.

Contoh untuk CPNS lulusan S1 dengan Masa Kerja Golongan ( MKG ) nol tahun, akan mendapatkan pendapatan sebesar Rp2.579.400.

Tapi gaji di atas belum ditambah dengan beberapa tambahan lainnya, seperti tunjangan istri, anak, beras, dan fungsional/struktural.

Tunjangan lain bagi CPNS atau PNS misalnya, gaji pokok, tunjangan beras, tunjangan fungsional umum, serta tunjangan anak dan istri.

Baca Juga : Jadwal Seleksi CPNS 2021

Saat ini seorang pegawai negeri (guru/fungsional) bisa mendapatkan tunjangan kinerja yang biasanya mencapai 1 kali lipat dari gaji pokok.

Misalnya guru PNS di SMP N Mawar 1 mengajar dengan jumlah jam sesuai dengan syarat tertentu serta memenuhi syarat sertifikasi. Guru tersebut lulusan S1 pendidik dengan gaji pokok Rp. 4.000.000,-.

Maka dalam satu bulan guru tersebut dapat mengantongi rupiah minimal Rp. 8.000.000,-. Tentunya syarat dan ketentuan untuk mendapatkan sertifikasi wajib terpenuhi semua.

Dan tiap daerah tunjangan PNS bisa berbeda-beda, biasanya yang paling tinggi adalah kota madya dan provinsi, apalagi ibukota.

Tunjangan kinerja dalam kementerian dan lembaga juga berbeda, tergantung golongan dan jabatan yang diemban.

Di lingkungan Pemerintahan Provinsi dan Kota Madya umumnya tunjangan kinerja ini bisa mencapai belasan juta rupiah diluar gaji pokok.

Baca Juga : Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan sebagian besar orang untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Demikianlan info Formasi CPNS 2021 Lulusan D3 S1.

Tunggu update informasi rekrutmen penerimaan CPNS 2021 2022 di web informasi cpns ini. Selain informasi seputar CPNS di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan.

Jadi, silahkan Anda sekarang untuk klik tombol subscribe, agar dapat selalu mengetahui update info CPNS terkini. Klik juga tanda loncengnya.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi dan menjadi CPNS PNS dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Terimakasih.

Share atau bagikan info CPNS 2021 ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

3 Replies to “Formasi CPNS 2021 Lulusan D3 S1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.