Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023

Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023. Jadwal Pendaftaran PPDB SD Negeri tahun 2022 2023, bagaimana cara daftar PPDB 2022 2023 SD Negeri, apa saja syarat PPDB SDN 2022 2023.

Info CPNS terbaru, gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, supaya dapat mengikuti update informasi seputar lowongan PPPK, Dikdin, CPNS, dan PPDB berikutnya.

Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023

Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut, silahkan simak dengan teliti beberapa paragraf di bawah ini.

Jadwal Pendaftaran PPDB SD 2022, Penerimaan Peserta Didik Baru SD Negeri 2022 online, petunjuk Pendaftaran PPDB Online SDN 2022 2023, cara Pendaftaran PPDB Sekolah Dasar Negeri 2022 2023 penerimaan Siswa Baru Online, alur Pendaftaran PPDB Siswa Baru SD NEGERI 2022 2023.

Pengumuman PPDB 2022 SD Negeri untuk calon siswa baru, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh wilayah kabupaten kota di Indonesia.

Untuk keluarga Anda atau Anda yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SD SMP SMA Negeri dan yang sederajat tahun 2022 2023 harap segera melakukan persiapan persyaratan pendaftaran.

Saat ini dinas pendidikan masing-masing wilayah sudah memfasilitasi warganya untuk melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB semua jenjang pendidikan secara online.

Baca juga : Aplikasi Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Pendaftaran sekolah dilakukan secara online melalui portal resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Dan portal ini admin persiapkan sebagai pengganti pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PPDB periode 2022 2023 secara online real time untuk pelaksanaan PPDB Online.

Berikut ini admin bagikan informasi mengenai Jadwal Cara dan Syarat pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023.

Menilik pengalaman PPDB online SD Negeri tahun sebelumnya, jadwal pembukaan PPDB SD NEGERI diperkirakan pada bulan Juni s/d Juli 2022. Meski tahun ini beberapa daerah ada yang membuka PPDB SD mulai 18 April (Kab Semarang).

Jadi, silahkan pantau terus untuk update berikutnya mengenai jadwal pembukaan PPDB SD Negeri di daerah Anda, bisa saja berbeda dengan daerah lainnya.

Dapat admin infokan bahwa terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada seleksi PPDB tahun 2022 2023.

Menurut Juknis PPDB TK SD SMP SD NEGERI Tahun Pelajaran 2022/2023, bahwa syarat usia wajib dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

Akta kelahiran tersebut dikeluarkan oleh pihak berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa. Atau pejabat lain setempat yang berwenang sesuai domisili calon peserta didik.

Kapan pengumuman Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023 ?

Baca juga : Download Video TikTok Tanpa Watermark

Syarat Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023

Syarat calon siswa SD PPDB 2022 Adapun persyaratan calon siswa baru kelas 1 (satu) SD meliputi :

  1. Calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD harus memenuhi persyaratan usia :

a. 7 (tujuh) tahun;
b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

  1. Dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD yang berusia 7 (tujuh) tahun.
  2. Persyaratan usia paling rendah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki :

a. kecerdasan dan/atau bakat istimewa;
b. kesiapan psikis.

  1. Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  2. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.

Calon peserta didik penyandang disabilitas di Sekolah dikecualikan dari :

a. Syarat usia sebagaimana dimaksud dalam Pasal diatas.
b. Ijazah atau dokumen lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal diatas.

Baca juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Berbagi info kepada rekan lainnya terkait Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023.

Jalur Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023

  1. Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai berikut :

a. zonasi;
b. afirmasi;
c. perpindahan tugas orang tua/wali;
d. prestasi.

  1. Jalur zonasi sebagaimana dimaksud dengan ketentuan :

a. Jalur zonasi SD paling sedikit 70% (tujuh puluh persen) dari daya tampung sekolah;

  1. Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf b paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf c paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.
  3. Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari jalur pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (3), Pemerintah Daerah dapat membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf d.

Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023

Prosedur pendaftaran Jalur Reguler Calon PDB jenjang SD NEGERI sebagai berikut :

  1. Calon PDB secara langsung atau melalui sekolah asal mendaftaran diri di situs resmi PPDB-Online masing-masing wilayah kabupaten kota;
  2. Mengisi form yang disiapkan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku;
  3. Cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran online;
  4. Lakukan verfikasi pendaftaran online pada salah satu sekolah yang dituju;
  5. Terima bukti verfikasi pendaftaran sebagai syarat seleksi PPDB Online;
  6. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi PPDB secara online di portal web situs resmi masing-masing wilayah pada menu hasil seleksi, SMS, Mobile Apps;
  7. Calon peserta didik yang dinyatakan diterima pada tahap akhir wajib daftar ulang pada waktu yang ditentukan, jika sampai batas akhir tidak melakukan daftar ulang dinyatakan mengundurkan diri.

Baca juga : Perbandingan Gaji PPPK dan PNS

Peraturan paling akhir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai syarat masuk Sekolah Dasar atau SD Negeri tahun 2022.

Juga aturan terkait batas usia minimal dalam penerimaan siswa baru tahun sebelumnya.

Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-kanak (TK), SD, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Aturan tersebut ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Makarim, calon peserta didik baru kelas 1 SD diutamakan harus memenuhi usia 7 tahun. Akan tetapi, sekolah juga masih bisa menerima usia siswa paling rendah 6 tahun per tanggal 1 Juli pada tahun yang sama.

Keterangan di atas tertuang dalam pasal 4 ayat 1 Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Selain itu, juga terdapat aturan istimewa untuk usia paling rendah calon siswa baru SD yang diperkenankan mendaftar. Dalam Permendikbud, usia terendah dalam persyaratan peserta didik baru yakni usia 5 tahun 6 bulan per 1 Juli.

Pembukaan Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023 secara online.

Tapi, aturan ini berlaku dengan catatan calon siswa sudah mempunyai kecerdasan atau bakat istimewa hingga kesiapan psikis untuk masuk sekolah. Hal tersebut harus dibuktikan dengan rekomendasi profesional atau dewan guru yang bersangkutan.

Selain itu aturan istimewa tersebut, usia calon peserta didik baru jenjang SD harus dibuktikan juga dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

Informasi syarat masuk SD Negeri 2022 sekaligus jalur pendaftarannya dapat disimak pada penjelasan berikut.

A. Syarat Masuk SD Negeri 2022 Menurut Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021

  1. Calon peserta didik baru kelas 1 SD harus memenuhi persyaratan usia 7 (tujuh) tahun atau paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
  2. Dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 SD yang berusia 7 tahun.
  3. Persyaratan usia paling rendah sebagaimana dimaksud pada poin 1 dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.
  4. Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  5. Bila tidak ada psikolog profesional, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.
  6. Persyaratan usia dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.
  7. Persyaratan usia tidak berlaku untuk sekolah pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Calon siswa dengan KK luar daerah bisa daftar PPDB ? Berikut infonya :

B. Jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru Jenjang SD

  1. Jalur pendaftaran zonasi : Paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah.
  2. Jalur pendaftaran afirmasi : Paling sedikit 15 persen dari daya tampung sekolah.
  3. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali : Paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah.

Belum ada jalur prestasi untuk penerimaan calon peserta didik baru jenjang TK dan kelas 1 SD. Jadi, jangan lupa untuk terus memperhatikan syarat masuk SD negeri 2022 maupun jalur pendaftaran yang dibuka sebelum mendaftar.

Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023. Jadwal Syarat dan Cara Pendaftaran PPDB SDN 2022 2023.

Demikian informasi ini, Semoga Anda yang membaca dan membagikan info di portal ini dan yang mendaftar PPDB SD Negeri bisa lulus.

Terimakasih kunjungannya dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komentar di bawah.

Berikan komentar dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga yang membutuhkan informasi ini.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

One Reply to “Jadwal dan Syarat Cara Pendaftaran PPDB SD NEGERI 2022 2023”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.