Kalau Sudah Menjadi PNS ASN Jangan Lakukan Ini, Bisa Dipecat Tanpa Hormat

Kalau Sudah Menjadi PNS ASN Jangan Lakukan Ini, Bisa Dipecat Tanpa Hormat. Seorang ASN atau PNS harus dapat membawa dirinya dalam melayani masyarakat.

Sejatinya PNS atau ASN itu adalah sebagai abdi negara dan pelayanmasyarakat. Untuk itu harus dapat membawa diri dalam kehidupan sehari-hari.

Dan beberapa poin di bawah ini adalah contoh bentuk ujaran kebencian yang sanksinya dapat dipecat. Terutama bagi seseorang dengan status PNS atau ASN.

Berhati-hatilah dalam menulis status di media sosial. Kontrol emosi Anda, jangan suka menulis yang mempunyai tujuan belum jelas.

Apalagi kalau tulisan status seorang PNS di medsos itu terdapat subyek dan obyek yang merasa dirugikan.

Jangan sekali-kali Anda mencobanya, jika tidak ingin terkena sanksi disiplin seorang PN. Bahkan juga akan kemungkinan terdapat sanksi berat, bila sudah masuk ke ranah hukum.

Karena Kalau Sudah Menjadi PNS ASN Jangan Lakukan Ini, Bisa Dipecat Tanpa Hormat. Mohon bijaksana dalam menulis status di medsos.

Dan Inilah 6 Aktivitas Ujaran Kebencian Berkategori Pelanggaran Disiplin ASN.

Untuk membantu Pemerintah memberantas penyebaran berita palsu (hoax) dan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) yang berpotensi sebagai sumber perpecahan bangsa.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta menjalankan fungsinya. Yaitu sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Hingga siaran pers ini diterbitkan, BKN telah menerima pengaduan dari masyarakat. Yaitu atas keterlibatan ASN dalam ragam aktivitas ujaran kebencian yang turut memperkeruh situasi bangsa.

ASN yang terbukti menyebarluaskan ujaran kebencian dan berita palsu masuk dalam kategori pelanggaran disiplin.

Mengantisipasi hal tersebut, BKN akan melayangkan himbauan bagi Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Daerah.

Baca juga :

  1. Download Pengumuman Formasi CPNS 2018
  2. Petunjuk Cara Daftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 Provinsi Jawa Timur
  3. Panduan Cara Daftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 Provinsi Jawa Tengah

Yaitu Untuk melarang ASN di lingkungannya menyampaikan dan menyebarkan berita berisi ujaran kebencian perihal SARA.

Serta mengarahkan ASN agar tetap menjaga integritas, loyalitas, dan berpegang pada empat pilar kebangsaan.

4 Pilar tersebut yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berikut bentuk aktivitas ujaran kebencian yang masuk dalam kategori pelanggaran disiplin :

  1. Menyampaikan pendapat baik lisan maupun tertulis lewat media sosial yang bermuatan ujaran kebencian terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Pemerintah;
  2. Menyampaikan pendapat baik lisan maupun tertulis lewat media sosial yang mengandung ujaran kebencian terhadap salah satu suku, agama, ras, dan antargolongan;
  3. Menyebarluaskan pendapat yang bermuatan ujaran kebencian (pada poin 1 dan 2) melalui media sosial (share, broadcast, upload, retweet, repost instagram dan sejenisnya);
  4. Mengadakan kegiatan yang mengarah pada perbuatan menghina, penghasut, memprovokasi, dan membenci Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Pemerintah;
  5. Mengikuti atau menghadiri kegiatan yang mengarah pada perbuatan menghina, menghasut, memprovokasi, dan membenci Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Pemerintah;
  6. Menanggapi atau mendukung sebagai tanda setuju pendapat sebagaimana pada poin 1 dan 2 dengan memberikan likes, dislike, love, retweet, atau comment di media sosial.

ASN yang terbukti melakukan pelanggaran pada poin 1 sampai 4 dijatuhi hukuman disiplin berat dan ASN yang melakukan pelanggaran pada poin 5 dan 6 dijatuhi hukuman disiplin sedang atau ringan.

Penjatuhan hukuman disiplin itu dilakukan dengan mempertimbangkan latar belakang dan dampak perbuatan yang dilakukan oleh ASN tersebut.

PPK Instansi wajib menjatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi ASN yang terbukti melakukan pelanggaran tersebut.

Demikian informasi tentang Kalau Sudah Menjadi PNS ASN Jangan Lakukan Ini, Bisa Dipecat Tanpa Hormat.

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan cara berkomentar yang baik dan bijak serta sopan.

Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan pengunjung.

Diharap info Kalau Sudah Menjadi PNS ASN Jangan Lakukan Ini, Bisa Dipecat Tanpa Hormat dapat menambah pengetahuan Anda.

Semoga sukses dan lulus menjadi PNS. Aamiin.

Silahkan ketik aamiin pada kolom komentar di bawah, semoga doa Anda terkabul.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Panduan install Aplikasi Faster PMP Terbaru
  2. Cara Daftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 Provinsi Bali
  3. Panduan Cara Mendaftar CPNS Registrasi Akun di SSCN.BKN.GO.ID
  4. Panduan Cara Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.