Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id

caradaftarcpns.com – Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id 2018 Lengkap. Panduan Tata cara pendaftaran CPNS melalui website SSCN BKN.

Informasi terkait dengan petunjuk teknis pendaftaran CPNS ini admin bagikan guna membantu sahabat caradaftarcpns com. Terutama bagi yang ingin mendaftar lowongan kerja CPNS 2018.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran CPNS online, dimohon untuk membaca terlebih dahulu Panduan Tata Cara Mendaftar CPNS 2018 Online. Harap dipersiapkan dokumen persyaratan pendaftaran yang lengkap.

Informasi tentang Hal-hal apa yang harus disiapkan, Alur Pendaftaran, Tata Cara Pendaftaran, dan lainnya juga ada dalam web ini. Silahkan di baca di bawah ini.

Langkah tata cara pendaftaran CPNS antara lain bagaimana cara mendaftar di portal sscn.bkn.go.id.

Lalu bagaimana cara mendaftar CPNS di instansi tertentu ? Dan Bagaimana Cara Mencetak Formulir Pendaftaran, serta Bagaimana Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul seperti di atas sudah admin posting di dalam web ini. Silahkan dicari dan dibaca untuk panduannya.

Admin juga kembali menghimbau, harap perhatikan hal-hal berikut ini sebelum Anda mendaftar CPNS :

  1. Ihktiar dan Tawakkal Kepada Allah Subhaanahu wa Ta’aala, bahwa rejeki tidak akan tertukar
  2. Jika bias, jauhi mendaftar  di pertama dan hari terakhir pendaftaran, terutama pada jam-jam sibuk,
  3. Harap menggunakan huruf KAPITAL semua untuk pengisian data Anda,
  4. Persiapkan dokumen berkas yang asli dan photocopy legalisir resmi yang dapat dipertanggung jawabkan, ini sangat penting apabila lolus ujian dan diterima jadi CPNS,
  5. Sebelum Anda tekan tombol simpan atau kirim saat pendaftaran online, mohon diteliti kembali beberapa kali dengan cermat. Karena setelah data Anda terkirim, tidak dapat dapat diubah kembali. Kemungkinan kecil dapat diubah ketika sudah pemberkasan lolos CPNS.

Saya juga sudah menyediakan beberapa tautan dalam artikel ini guna mempermudah Anda untuk membaca Informasi CPNS 2018 lainnya yang Anda perlukan.

Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id 2018

Semoga Petunjuk Teknis Cara Pendaftaran CPNS 2018 Online tersebut dapat berguna bagi Anda. Dan Mohon juga untuk dapat membagikan kepada rekan lainnya.

  • Alur Pendaftaran CPNS 2018

Alur Pendaftaran CPNS 2018 dapat Anda lihat dan baca seperti gambar di bawah ini. Memang pada gambar di bawah adalah contoh untuk alur pendaftaran cpns 2017.

Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.idNamun alur pendaftaran cpns 2018 juga tidak akan jauh berbeda.

  • Dokumen Pendaftaran Persyaratan CPNS

Dokumen persyaratan pendaftaran CPNS yang harus Anda meliputi :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Transkrip Nilai
  • Ijazah awal hingga terakhir
  • Foto (sesuai yang diminta)
  • Dokumen pendukung lainnya yang di sesuaikan dengan permintaan instansi yang Anda lamar

  • Cara Mendaftar CPNS di Website sscn.bkn.go.id

Langkah atau Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id 2018 silahkan buka seperti laman di bawah ini.

Silahkan terlebih dahulu Anda buka https://sscn.bkn.go.id

caradaftarcpns.com

  1. Silahkan klik pada menu Pendaftaran, apabila Anda belum pernah mendaftar sama sekali.

    Silahkan klik pada menu Pendaftaran

  2. Ketikkan NIK dan No Kartu Keluarga (KK) Anda untuk mendaftar. Dan ketikkan juga kode keamanan atau Captcha. Jika sudah yakin 100% dengan semua data yang Anda isikan, klik tombol Lanjutkan.
  1. Bila yang Anda ketikkan terdapat kesalahan saat mengetikkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK), mohon untuk perhatikan beberapa poin di bawah ini :
  • Saat Anda mengetikkan NIK dan Nomor KK Harap diteliti ulang. Karena terkadang terdapat angka yang mirip. Contohnya angka 1, 3, 6, 8.
  • Gunakan Nomor KK yang terdapat di bawah judul utama Lembar Kartu Keluarga Anda. Selain dengan memakai nomor KK, Anda juga bias menggunakan Nomor Kepala Keluarga.
  • Jika dengan beberapa langkah diatas data Anda belum juga ditemukan, langsung saja menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat sesuai KTP Anda.
  1. Namun bila NIK dan nomor KK Anda sudah terdaftar, tinggal Anda tekan tombol LANJUTKAN, maka Anda akan menuju ke halaman registrasi.

    formulir registrasi CPNS

5. Pada formulir registrasi CPNS, NIK, Nama, tempat dan Tanggal Lahir akan dimunculkan otomatis. Silahkan untuk diketik ulang pada kolom isian masing-masing yang tersedia.

Pada tahap ini, Anda akan mengisi dan membandingkan data kependudukan dengan data Ijazah.

Karena nantinya tahap pemberkasan dokumen CPNS akan menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian Anda. Yang memuat Nama (tanpa gelar), Tempat dan Tanggal Lahir.

Pastikan bahwa Anda sudah mengisi data pendaftaran cpns tersebut dengan benar.

6. Data lainnya yang harus Anda isikan adalah :

a) E-mail (Masukan e-mail aktif Anda yang masih valid)

b) Password (buatlah password maksimal 8 karakter, yang mudah Anda ingat). Catat dan simpan password email pendaftaran Anda.

c) Pertanyaan Pengaman 1

Pilihlah pertanyaan pengamanan Anda yang paling mudah Anda ingat

d) Jawaban Pengaman 1

Buatlah jawaban pertanyaan pengaman 1 yang sudah Anda pilih yang sederhana saja

e) Pertanyaan Pengaman 2

Pilih pertanyaan pengaman 2 Anda yang mudah

f) Jawaban Pengaman 2

Isikan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih yang mudah

g) Captcha (Ketikkan kode captcha yang nampak di layer)

7. Pastikan seluruh data sudah Anda isi dengan benar.Mohon diingat, Data yang sudah tersimpan dan terkirim ke server SSCN BKN tidak dapat diubah.

8. Berikutnya silahkan Anda klik Daftar

9. Sesudah Anda tekan tombol Daftar, akan muncul pesan apakah Anda yakin untuk submit pendaftaran ?

Kalau yakin 100% dan sudah memastikan isian data Anda benar, silahkan langsung tekan OK. Bila belum yakin dengan isian data Anda, klik Kembali dan cek atau ubah data Anda.

10. Yakin dan sudah klik Submit Pendaftaran, maka akan muncul informasi bila pendaftaran di website SSCN BKN 2018 sudah sukses.

Silahkan klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun Anda. Kartu tersebut sebagai bukti jika Anda telah berhasil mendaftar di website SSCN BKN 2018.

Simpan kartu tersebut dengan baik dan buatlah rangkap beberapa lembar.

mencetak Kartu Informasi Akun pendaftaran

11. Penting ! untuk mencetak Kartu Informasi Akun pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 kali, jadi mohon untuk langsung cetak pada tahap ini

Jika komputer Anda tidak terkoneksi langsung dengan printer, Anda bisa mencetak atau menyimpannya dahulu dalam bentuk file pdf, untuk Anda cetak di kertas nantinya.

website sscn.bkn.go.id

  • Panduan Login dan Mengisi Biodata Pribadi di website sscn.bkn.go.id

 

Mohon di bagikan Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id Lengkap

  1. Sesudah pelamar sukses melakukan registrasi CPNS, selanjutnya adalah login di  https://sscn.bkn.go.id dengan cara klik tombol yang terdapat pada pojok kanan atas.
  2. Ketikkan NIK dan password yang sudah didaftarkan, selanjutnya muncul halaman isian Formulir Biodata Pelamar CPNS. Di bawah ini adalah contohnya.

    Cara Pendaftaran CPNS Online di sscn.bkn.go.id

  3. Isi dan lengkapi yang teliti untuk semua kolom isian biodata. Yaitu Alamat Domisili, Kabupaten/Kota, Propinsi, Nomor Telepon rumah, Berat dan Tinggi Badan, Status Perkawinan dan Nomor HP pada Form seperti contoh berikut.

    CPNS 2018 - 220.000 Formasi CPNS, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Diprioritaskan

4. Apabila semua isian data sudah benar dan yakin 100%, lalu silahkan tekan tombol Simpan.

5. Maka formulir biodata sudah terisi dengan benar, langsung klik saja untuk meneruskan tahap pendaftaran CPNS pada instansi yang Anda lamar.

  • Cara Mendaftar CPNS Pada Instansi Pemerintah Tertentu

Petunjuk Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id secara sederhana dan mudah.

  1. Silahkan Anda memilih dan klik menu Daftar

    Petunjuk Pengisian Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS 2018

  2. Pilih Formasi yang ingin Anda lamar dan memang sudah dibuka oleh instansi pilihan Anda.

    Macam pilihan Jenis-jenis Formasi dapat dibaca di Pengumuman Instansi yang membuka pendaftaran CPNS . Anda harus memilih instansi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

  1. Silahkan di klik dan akan muncul form Pendaftaran. Jika Anda ingin merubah Jenis Formasi dan Instansi lainnya, klik tanda kembali. Ini untuk merubah jenis formasi dan instansi yang menggunakan SSCN.
  2. Untuk instansi yang non SSCN, cuma bisa sekali klik tombol. Maka data akan otomatis tersimpan dalam Riwayat sebagai pelamar CPNS instansi Non SSCN.

    Dan disini Anda sebagai pelamar tidak dapat merubah pilihan instansi yang sudah tersimpan tersebut.

  1. Instansi pemerintah yang nampak merupakan instansi yang telah buka pendaftaran cpns. Berdasarkan dengan Pengumuman dari instansi masing-masing.
  2. Sesudah Anda yakin 100% dan sudah memilih instansi akan muncul jendela mini seperti gambar di bawah. Klik OK untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

    Form Pendaftaran CPNS

  1. Setelah itu, maka bentuk Form Pendaftaran CPNS akan muncul seperti contoh gambar di bawah ini.

    Form Pendaftaran CPNS 2018

  2. Pilih kualifikasi pendidikan sesuai ijazah Anda.
  3. Terkait jenis jabatan yang akan Anda lamar, akan muncul sesuai dengan pendidikan yang Anda pilih.
  4. Tempat Kerja dapat diubah, jika memang instansi yang Anda pilih sudah memberikan kewenangan pendaftar untuk memilih Lokasi Kerja.
  5. Lokasi Test CPNS juga dapat ditentukan jika memang instansi terkait sudah memberikan kewenangan bagi pendaftar untuk memilih Lokasi Test.
  6. Isikan nama Universitas atau sekolah lulusan terakhir Anda.
  7. Inputkan Nomor, Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus sekolah sesuai dengan yang tertulis dalam Ijazah.
  8. Pilih jenis Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Perguruan Tinggi. Bagi pelamar dari lulusan SLTA sederajat, jenis nilai akreditasi sekolah dapat Anda pilih Lainnya.
  9. Nilai IPK diisi menggunakan tanda titik (.) serta dua digit belakang koma atau untuk nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat.
  10. Isi kan dengan tepat Nomor Ijazah.
  11. Tulis kode keamanan / captcha sesuai dengan gambar yang muncul.
  12. Sebelum Anda klik simpan dan kirim, Anda harus yakin dengan instansi yang akan Anda lamar. Karena Anda cuma bisa mendaftar pada 1 jabatan di 1 instansi dan dalam 1 periode.

    Anda bisa mendaftar di instansi lain dengan waktu yang berbeda, misalkan saja bila ada pembukaan CPNS TA 2019 nanti.

  1. Langsung saja Anda tekan Klik dan klik.
  2. Biodata pelamar valid akan terkirim dan masuk ke pusat database SSCN BKN.
  3. Untuk pendaftar non SSCN BKN 2018 (instansi yang tak menggunakan SSCN 2018, atau menggunakan website pendaftaran instansi sendiri).

    Setelah memilih instansi non SSCN BKN, Anda akan diarahkan ke website instansi tersebut untuk menyelesaikan tahap pendaftaran.

  1. Berikutnya akan muncul halaman baru, Cetak Kartu Pendaftaran seperti gambar nampak di bawah ini :

    Cetak Kartu Pendaftaran CPNS

  2. Contoh untuk halaman Cetak Kartu Pendaftaran CPNS adalah di bawah ini :

    Panduan Pengisian Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS 2018

  3. Kartu Bukti Pendaftaran CPNS bisa Anda langsung cetak dengan printer. Atau silahkan dicetak atau simpan dahulu dalam bentuk file pdf.

    Saran saya, selain langsung cetak dengan printer, silahkan juga untuk simpan dalam bentuk file pdf terlebih dahulu. Untuk jaga-jaga apabila hilang atau rusak, dengan begitu dapat Anda cetak lagi.

  • Riwayat Pelamar CPNS SSCN BKN 2018

Mudah Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id 2018

Pelamar CPNS SSCN BKN 2018

  1. Pendaftar dapat mengecek status lamaran pada halaman riwayat pelamaran, berdasarkan :

a) Instansi yang dilamar

b) Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih

c) Tanggal daftar ketika pelamar mendaftar

d) Batch : periode yang dilamar

e) SSCN : instansi menggunakan SSCN atau Non SSCN

f) Status tahap administrasi pelamar

g) Tombol untuk cetak Kartu Registrasi

h) Ujian CPNS : tombol cetak Kartu Ujian CPNS jika dinyatakan lulus verifikasi, maka berhak mengikuti ujian CAT.

i) Dokumen lainnya : unggah (upload) dokumen yang diminta sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman Instansi.

2. Silahkan cetak Kartu Pendaftaran CPNS, yaitu dengan cara klik Cetak pada kolom Registrasi.

3. Untuk upload dokumen, klik Dokumen, kemudian akan muncul seperti gambar di bawah :

a) Jenis dokumen yang akan Anda unggah akan tampil sesuai dengan yang diminta instansi.

b) Pilih dokumen persyaratan yang akan di unggah (upload) pada drive di komputer Anda, klik Choose File.

c) Dokumen syarat yang di-upload harus jenis image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf, maksimal size 200 kilobyte.

d) Jenis jenis dokumen persyaratan akan tampil setelah dipilih.

e) Klik unggah, simpan dan system akan secara otomatis memvalidasi dokumen tersebut.

f) Setelah sukses di validasi dokumen persyaratan, maka akan tersimpan di system server SSCN.

g) Bila ingin membatalkan, klik Kembali.

  • Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS

 Cara mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian CPNS 2018,silahkan baca di sini.

Untuk dapat segera mencetak Kartu Ujian CPNS, silahkan menuju pada menu riwayat biodata Anda. Lalu pilih tombol Cetak di kolom Ujian.

Kartu Ujian CPNS dapat dicetak oleh pendaftar yang sudah dinyatakan lulus verifikasi. Tentunya sebagai bukti guna untuk meneruskan ke tahap seleksi berikutnya.

Demikianlah informasi Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id yang dapat saya bagikan. Atau terkait dengan Petunjuk Pengisian Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS.

Silahkan berbagi informasi di blog ini dengan cara membagikan, dan berkomentar yang bijak sopan. Karena kontribusi pembaca dalam berkomentar akan sangat berguna bagi kemajuan blog informasi CPNS ini.

Juga menambah pengetahuan dan wawasan bagi rekan-rekan lainnya yang membutuhkan informasi lowongan kerja CPNS.

Saya berharap dengan artikel kali ini, dapat meringankan Anda dalam melakukan proses tahapan pendaftaran.

Terimakasih dan semoga sukses menjadi PNS.

2 Replies to “Panduan Cara Cetak Kartu Pendaftaran Online CPNS sscn.bkn.go.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.