Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018

Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018. Cara mendaftar CPNS 2018 Kemendikbud Kemdikbud. Pendaftaran CPNS online Kemendikbud 2018.

Tutorial dan Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2018. Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ingat !

PELAMAR TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN ! Pelamar dimohon tidak tergiur dengan tawaran oleh oknum / pihak manapun.

Yaitu oknum nakal tidak bertanggung jawab yang katanya dapat membantu Anda dapat diterima menjadi CPNS. Biasanya oknum akan menawarkan melalui jalur khusus.

Oknum nakal tidak bertanggungjawab tersebut biasanya nanti akan meminta sejumlah uang. Kalau Anda mendapati hal semacam ini atau rekan Anda, silahkan saja laporkan ke pihak berwajib.

Selain lapor kepihak berwajib, Anda juga dapat melaporkan praktek haram tersebut melalui Lapor BKN ini.

Memasuki musim pendaftaran CPNS 2018 ini, sengaja saya akan membagikan panduan langkah-langkah pendaftaran CPNS Kemendikbud 2018.

Semoga panduan cara pendaftaran CPNS Kemendikbud 2018 ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Silahkan dibagikan kepada rekan-rekan lainnya yang membutuhkan.

Dan inilah Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018.

Ada beberapa langkah pendaftaran cpns online Kemendikbud yang harus Anda ketahui.

Yaitu apabila Anda samasekali belum mendaftar atau belum mempunyai akun di Kemendikbud. Silahkan membuat akun di Kemendikbud terlebih dahulu.

Ikuti langkah-langkah panduan cara Registrasi Login Pendaftar CPNS Online Kemendikbud adalah di bawah ini.

Silahkan Anda langsung buka tautan resgistrasi CPNS Kemendikbud di sini.

Setelah Anda buka melalui tautan di atas, maka akan terbuka halaman cpns.kemendikbud.com. Seperti penampakan contoh gambar di atas.

Bila Anda sudah pernah mendaftar dan mempunyai akun cpns Kemendikbud, silahkan langsung saja klik Login. Maka akan diarahkan ke halaman berikutnya seperti contoh di bawah ini.

Langsung saja Anda masukkan Username Login (nomor NIK KTP Anda), Password (sesuai password dari SSCN BKN), dan Kode Keamanan yang nampak tersebut. Klik Login.

Setelah itu Anda akan masuk dan dapat melihat biodata profil Anda. Anda juga dapat Mencetak Kartu Pendaftaran Online CPNS Kemendikbud 2018. Panduan Cara Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian CPNS Kemendikbud bca di sini.

Selain panduan mencetak kartu peserta ujian CPNS di atas, admin juga sudah menyertakan langkah-langkah mencetak kartu ujian cpns di sini.

Panduan di atas adalah khusus bagi teman-teman yang sudah mempunyai akun di web SSCN BKN.

Sedangkan bagi rekan-rekan yang samasekali belum pernah mendaftar CPNS atau pemula, di bawah ini adalah panduannya. Panduan Mendaftar CPNS untuk pemula. Dan cara membuat akun registrasi Kemendikbud.

Tetap masuk melalui web Kemendikbud di sini.

Apabila Anda belum mempunyai akun dan belum pernah mendaftar CPNS kemendikbud, silahkan klik di sini apabila Anda belum memiliki ID login. Seperti gambar di bawah ini.

Setelah Anda klik pada tombol Daftar Sekarang atau seperti gambar di atas (tanda panah warna biru panjang), Anda akan diarahkan ke web resmi sscn.bkn.go.id. Tentunya untuk pendaftaran biodata diri Anda.

Jika memang benar Anda adalah pemula dan ingin mendaftar CPNS kemendikbud 2018, berikut langkah-langkah nya. Baca terus Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2018 ini.

Pemerintah kembali membuka pendaftaran 150 ribu hingga 200 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pendaftaran selama Agustus 2018.

Mungkin juga akan ada waktu tertentu pendaftaran CPNS bagi pemilik ijazah D3 ke atas. Seperti saat pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 lalu.

KemenPAN RB menegaskan bahwa pendaftaran CPNS hanya dapat dilakukan melalui situs resmi di https://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran CPNS tetap Online.

Di bawah ini adalah langkah-langkah lengkap pendaftaran di portal web SSCN BKN. Yang admin rangkum dari Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Online.

Berkas Dokumen persyaratan yang wajib Anda siapkan sebelum Mendaftar CPNS di sscn.bkn.go.id. Usahakan dengan dokumen yang asli dan copy legalisir resmi.

Pastikan Anda sudah mempersiapkan dokumen persyaratan pendaftaran CPNS sebelum mendaftar ke instansi yang dituju.

Beberapa dokumen pendaftaran cpns yang diperlukan tersebut antara lain :

a. Kartu Keluarga (KK)
b. Kartu Tanda Penduduk (KTP)(NIK)
c. Ijazah (pertama hingga terakhir)
d. Transkrip Nilai
e. Pas foto
f. Dokumen lain sesuai yang diminta instansi yang akan dilamar

Sebelum Mendaftar CPNS di Portal SSCN BKN, Anda harus mengetahui peraturannya dahulu. Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018 lengkap.

Setelah Anda jelas dengan ketentuan syarat pendaftaran CPNS, baru buka dan masuk ke web resmi SSCN BKN di https://sscn.bkn.go.id. Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018.

Lalu silahkan Anda tekan tombol “Pengumuman” untuk mengetahui formasi CPNS di instansi yang sudah dibuka.

Pilihlah instansi yang Anda minati. Instansi yang nampak merupakan instansi yang sudah atau akan dibuka pendaftaran CPNS daerah.

Anda cuma bisa melamar 1 (satu) jenis jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi (Umum atau Lulusan Terbaik (cum-laude).

Atau pilih formasi Khusus Disabilitas) di 1 instansi pada waktu yang sama. Pelamar bisa melamar CPNS di instansi yang lain pada periode yang berbeda pula.

Selanjutnya Anda silahkan klik “Jadwal dan Persyaratan” untuk mengetahui jadwal lainnya. Lalu langsung klik “Helpdesk & Pengaduan” untuk bantuan dan pengaduan ke BKN.

Berikutnya yaitu Anda klik “FAQ” untuk mencari permasalahan yang sering terjadi.

Lalu adalah Anda klik “Call Center” untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran Anda.

Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud di Portal SSCN BKN. Atau Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018.

Jika Anda telah siap untuk mendaftar, caranya adalah :

1. Tekan tombol “Pendaftaran” maka akan muncul form input NIK dan Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

2. Input-kan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

3. Jika terjadi kesalahan atau tidak bisa mendaftar dengan menggunakan data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, Anda harus secepatnya klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sesuai dengan lokasi KTP Anda dibuat, BUKAN ke instansi yang Anda lamar atau BKN. BKN hanya sebagai pelaksana bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

4. Ketik kode captcha yang nampak (tidak case sensitive).

5. Sesudah yakin data yang Anda masukkan 100% benar, klik “Lanjutkan” untuk proses berikutnya.

6. Ketika masih dalam proses ini, Anda dapat melengkapi data dan mengisi serta membandingkan data di KTP juga di Ijazah.

Karena bila Anda diterima menjadi CPNS, pemberkasan CPNS akan menggunakan data Ijazah. Untuk data pokok kepegawaian, Nama tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir.

Oleh sebab itu, wajib Anda pastikan bahwa sudah mengisi form data tersebut dengan benar 100%.

7. Kelengkapan data lainnya yang harus Anda isi yaitu :

a) E-mail. ketik e-mail Anda yang masih aktif dan valid.

b) Password. Buatlah password yang mudah diingat. Mohon catat dan simpan password Anda, karena akan digunakan selama proses seleksi CPNS untuk login.

c) Pilih Pertanyaan Pengaman 1. Pilih Jawaban pengaman 1 Anda.

d) Pilih Pertanyaan Pengaman 2. Pilih Jawaban pengaman 2 Anda.

e) Kode Captcha. Ketik kode captcha yang muncul di layar.

8. Yakin Anda wajib mengisi semua data dengan benar. Data yang sudah disimpan dan terkirim tidak dapat diperbaiki atau dirubah.

9. Berikutnya Anda klik “Daftar“. Informasi lengkap kawal CPNS hanya di caradaftarcpns.com.

10. Tahap berikutnya, pelamar dapat masuk ke halaman pemberitahuan, bahwa pendaftaran ke portal SSCN BKN 2018 berhasil.

11. Tekan atau klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Informasi Akun Anda.

Sebagai bukti bahwa Anda berhasil mendaftar CPNS melalui website SSCN BKN 2017. Simpanlah kartu tersebut dengan baik, jangan lupa buat copy-anya.

12. Tekan “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk menuju ke halaman berikutnya pendaftaran CPNS Kemendikbud 2018.

Setelah poin 1 hingga 12 di atas terpenuhi, maka Anda tentunya sudah mempunyai akun di SSCN BKN. Ketika ingin mendaftar CPNS, tinggal login saja dan mendaftar. Panduan Pendaftaran CPNS berikut ini.

Yang penting jangan lupa untuk membaca Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018 ini.

A. Login website SSCN BKN dan Isi Biodata Lengkap.

  1. Sesudah Anda berhasil daftar, langsung saja login ke https://sscn.bkn.go.id dengan cara klik “Login” yang terdapat di sudut kanan atas.
  2. Ketikkan NIK dan password yang sudah Anda daftarkan lalu, maka akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
  3. Pada Form Biodata Pelamar, harap dilengkapi Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Kawin dan Nomor HP.
  4. Klik tombol “Simpan” jika data Anda sudah benar dan lengkap.
  5. Biodata sudah benar dan lengkap, lalu Anda klik “Daftar” untuk melanjutkan proses pendaftaran instansi yang Anda lamar.

B. Cara Memilih Instansi Buka Formasi CPNS 2018.

  1. Login ke halaman Form Pendaftaran SSCN. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan ijazah Anda dan formasi yang dibuka oleh instansi.
  2. Pilihan Jenis Formasi dapat dibaca di Pengumuman Instansi masing-masing.
  3. Pilih instansi yang Anda minati.
  4. Tekan tombol “Cek” maka akan muncul Form Pendaftaran CPNS.Jika Anda ingin mengganti Instansi dan Jenis Formasi yang Anda lamar, klik “Daftar” untuk me-reset kembali, ini hanya untuk instansi yang sudah menggunakan SSCN.Sedangkan bagi instansi yang belum menggunakan SSCN, cuma bisa sekali klik tombol “Cek“. Maka data akan tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN.

    Anda tidak dapat merubah instansi tersebut. Instansi yang tampil merupakan instansi yang sudah buka pendaftaran CPNS nya, sesuai dengan Pengumuman dari instansi terkait.

  5. Anda yakin sudah memilih instansi nya, maka akan tampil peringatan, klik OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.Tetap mohon untuk melanjutkan membaca Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018. Supaya tidak terjadi salah paham.

C. Masuk Form Pendaftaran (Setelah langkah-langkah di atas).

  1. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah Anda.
  2. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih.
  3. Pilih Lokasi Kerja, apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Kerja.
  4. Pilih Lokasi Test, apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Test.
  5. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah.
  6. Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
  7. Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi.
  8. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih “Lainnya“.
  9. Isi nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat.
  10. Tulis Nomor Ijazah.
  11. Ketik kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil.
  12. Sebelum klik “Daftar“, pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut. Karena pelamar hanya dapat mendaftar di satu jabatan pada satu instansi dan satu periode.
  13. Pendaftar dapat mendaftar di instansi lain dengan periode (batch) yang berbeda.
  14. Klik tanda “Kotak” dan klik “Daftar“.
  15. Data pelamar akan masuk ke database SSCN 2018.
  16. Bagi pelamar non SSCN 2018 (instansi yang tidak menggunakan SSCN 2018, atau menggunakan portal pendaftaran sendiri), setelah memilih instansi non SSCN akan diarahkan ke alamat portal instansi tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Selanjutnya akan muncul halaman Cetak Kartu, Riwayat Pelamaran di SSCN.

Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat berdasarkan :

a) Instansi : Instansi yang dilamar;
b) Jenis Formasi : Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih;
c) Tanggal Daftar : tanggal daftar ketika pelamar mendaftar;
d) Batch : periode yang dilamar;;
e) SSCN : keterangan apakah instansi menggunakan SSCN atau Non SSCN;
f) Status Administrasi : status proses administrasi pelamar;
g) Registrasi : tombol untuk cetak Kartu Registrasi;
h) Ujian : tombol untuk cetak Kartu Ujian apabila lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT;
i) Dokumen : tombol untuk mengunggah (upload) dokumen sebagai persyaratan pendaftaran;
sesuai dengan Pengumuman Instansi.

Selain Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018 di atas, lanjutkan Cara cetak Kartu Pendaftaran CPNS adalah klik “Cetak” pada kolom Registrasi.

Cara upload dokumen yaitu klik “Dokumen“, kemudian akan tampil Form Upload Dokumen. Update berikut informasi seleksi cpns 2018 di caradaftarcpns.com.

a) Jenis dokumen akan tampil sesuai dengan keperluan instansi;
b) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada komputer Anda klik “Choose File“;
c) Dokumen yang diunggah harus berupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf dengan maksimal 200 kilobyte;
d) Nama dokumen akan tampil setelah dipilih;
e) Klik “Upload” untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut;
f) Setelah berhasil divalidasi dokumen akan tersimpan di sistem;
g) Untuk membatalkan, klik “Kembali“;

Cara Cetak Kartu Ujian CPNS.

Cara mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik “Cetak” pada kolom Ujian. Kartu Ujian bisa dicetak bagi pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi dokumen. Sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

Dan panduan lengkap cara cetak kartu tanda peserta ujian CPNS ada di sini. Silahkan di buka dan dipelajari. Juga sudah tersedia di sini.

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan cara berkomentar yang baik dan bijak serta sopan.

Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan pengunjung.

Diharap dengan postingan Panduan Cara Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud 2018 dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga sukses dan lulus menjadi PNS.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Download Prediksi Kisi-kisi Soal Tes CPNS
  2. Formasi CPNS Diumumkan Akhir Juli, Pelaksanaan Penerimaan Agustus 2018
  3. Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018
  4. Download Bocoran Soal Tes CPNS dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018