Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021. Download pedoman PPPG Kementerian Agama tahun 2021. Unduh pedoman PPPG untuk guru Kemenag 2021 2022.

Sebelumnya, ayo gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, Agar dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS berikutnya.

Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Kemenag telah menerbitkan pedoman penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab). Pedoman Persiapan Penyelenggaraan PPG Daljab Kemenag Tahun 2021 dapat Anda download di bawah.

Kementerian Agama sudah menentukan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Kementerian Agama.

Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag diterbitkan demi tertibnya standarisasi, administrasi, penjaminan mutu, dan akuntabilitas penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama.

Baca juga : Link Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Baca juga : Jadwal dan Syarat Seleksi Administratif PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

Guna pedoman PPG Kemenag ini sebagai dasar untuk pihak penyelenggara dalam melaksanakan, merencanakan, evaluasi, dan memantau serta melaporkan hasil penyelenggaraannya.

Sehingga perlunya diterbitkan pedoman PPG untuk Kemenag, yang tujukan untuk Guru Dalam Jabatan demi meningkatkan kualitas penyelenggaraannya pendidikan, supaya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Download pengumuman Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 2022 di bawah.

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan pada Kemenag, adalah program pendidikan yang dilaksanakan guna mempersiapkan pendidik supaya dapat menguasai kompetensi guru, tentunya dengan utuh sesuai Standar Nasional Pendidikan.

Jadi, guru lebih profesional dalam tugas dan tanggung jawabnya secara bermutu. Guru juga bisa berdaya saing sesudah mendapatkan sertifikat pendidik.

Sertifikat Pendidik adalah bukti formal pengakuan seorang guru sebagai tenaga profesional. Proses penerbitan sertifikat pendidik seorang guru dan dosen adalah sertifikasi.

Baca juga : Seleksi Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ditiadakan

Maksud dan Tujuan PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Penerbitan Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 ini ditujukan untuk panduan bagi penyelenggara dan peserta.

Sasaran dan Ruang Lingkup PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Sasaran penetapan Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Kemenag yaitu :

  1. Meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kepribadian, sosial, kompetensi pedagogik, dan profesional.
  2. Menciptakan guru profesional yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan, menilai, dan merencanakan pembelajaran.
  3. Menghasilkan guru profesional yang dapat menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pelatihan peserta didik dan pembimbingan.
  4. Menciptakan guru yang mampu melakukan penelitian dan mengembangkan keprofesian.

Unduh pada tautan untuk Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 2022.

Ruang lingkup pedoman penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan pada Kemenag terdiri dari prosedur dan kriteria dalam evaluasi, pelaksanaan, perencanaan, pemantauan, dan pelaporan penyelenggaraan pembelajaran.

Sasaran Program PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Target Program PPG Kemenag yaitu para pendidik pada jenjang PAUD, SD, dan SMP. Dan yang memenuhi kualifikasi akademik lulusan Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) atau Pondok Pesantren yang sudah dipersamakan.

Baca juga : Syarat dan Alur Tahapan Pendaftaran Guru PPPK 2021

Saran program PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama meliputi :

  1. Guru pada RA.
  2. Guru Kelas dan Guru Bidang Studi pada MI.
  3. Guru Mata Pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran umum pada MTs, MA, dan MAK.
  4. Guru Pendidikan Agama pada sekolah.
  5. Guru Mapel Keagamaan pada satuan pendidikan keagamaan.

Informasi Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 2022.

Profil Lulusan PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Lulusan PPG dalam jabatan adalah guru yang dapat menguasai materi ajar, berkarakter, berkepribadian Indonesia, menginspirasi, dan menjadi contoh.

Penampilan lulusan PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 wajib sopan, tegas, berwibawa, ikhlas, disiplin, tanggungjawab, dan menguasai materi pembelajaran, mampu mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi peserta didik.

Standar Kompetensi Lulusan PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021

Yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rumusan CPL Program PPG.

Rumusan CPL Program PPG tercantum kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional , dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keteramplilan umum.

So, Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Kementerian Agama silahkan Anda unduh.

Demikianlah info Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021.

Tunggu update informasi hasil seleksi PPG dalam jabatan 2021 2022 di web informasi ini.

Baca juga : Pendaftaran CPNS 2021 Online Segera dibuka

Selain berita seputar CPNS di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi PPPG Dalam Jabatan 2021 dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Pengumuman jadwal seleksi CPNS & PPPK juga dapat Anda pantau di https://sscasn.bkn.go.id/.

Link pendaftaran CPNS PPPK Klik di https://sscn.bkn.go.id

Berikut admin bagikan panduan pendaftaran, contoh soal SKD & SKB, Psikotes, dan tips wawancara supaya lulus seleksi CPNS dan PPPK .

Terimakasih.

Share atau bagikan portal info PPG Dalam Jabatan 2021 ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

One Reply to “Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.