Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka, Berikut Pedomannya. Jadwal dan syarat daftar CPNS dan PPPK 2021.

Kemenpan RB sudah merilis tiga ketentuan mengenai pelaksanaan seleksi CASN 2021. Peraturan tersebut yaitu PermenPAN RB No. 27/2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka

Nah, ayo gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, Agar dapat mengikuti update informasi seputar lowongan PPPK, Dikdin, dan CPNS berikutnya.

PermenPAN RB No. 28/2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

Juga PermenPAN RB No. 29/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional.

Plt. Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN RB Katmoko Ari Sambodo mengatakan, per 13 Juni 2021 sudah ditentukan kebutuhan CASN yaitu sebanyak 707.622.

Formasi paling banyak adalah untuk PPPK Guru dengan jumlah 531.076. Dan PPPK non Guru 20.960, sedangkan CPNS sebanyak 80.961 formasi.

Baca juga : Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Tahun ini, seleksi PNS dan PPPK JF akan diikuti oleh instansi pusat dan daerah. Sedangkan seleksi PPPK JF Guru khusus untuk instansi daerah.

Khusus untuk PermenPAN RB 28 sifatnya adalah berlaku tahun ini, tahun 2021. Sementara PermenPAN RB 27 dan 29 diharapkan bisa multi year,” kata Katmoko dalam acara Kupas Tuntas Seleksi CASN 2021, secara virtual, Senin, (14/06).

Katmoko menerangkan, bahwa tahun ini pemerintah menentukan kebutuhan PNS menjadi dua, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka.

Formasi khusus dialokasikan untuk Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian/Cumlaude, Penyandang Disabilitas, Diaspora, serta Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Syarat mengikuti seleksi CPNS adalah WNI dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika melamar.

Tapi, ada beberapa formasi CPNS yang boleh dilamar dengan batas usia maksimal 40 tahun saat pelamaran.

Antara lain formasi Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti dan Perekasaya, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor).

Baca juga : Alur Pendaftaran PPPK Non Guru 2021

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka

Nantinya seleksi CPNS, PPPK JF, dan PPPK Guru dilaksanakan secara bersamaan, jadi potensi jumlah pendaftarnya cukup banyak.

Oleh sebab itu, calon pelamar CPNS dan PPPK diharuskan hanya boleh melamar pada 1 instansi, 1 jenis kebutuhan dan 1 jabatan pada tahun anggaran yang sama.

Jadi para peserta harus mempertimbangkan baik-baik sejak awal apa yang ingin dia lamar, karena pada prinsipnya tidak bisa lagi menggantinya ketika sudah menetapkan pelamaran pada suatu tempat,” tambahnya.

Bagi pendaftar formasi Cumlaude, harus mempunyai jenjang pendidikan minimal Sarjana, bukan DIV. Hal ini wajib jadi perhatian, karena tahun lalu masih banyak kesalahan yang mengalokasikannya untuk D4.

Formasi khusus Penyandang Disabilitas, mereka bisa melamar di formasi umum atau formasi khusus lainnya selain Formasi Penyandang Disabilitas.

Baca juga : Alur Pendaftaran PPPK Guru 2021

Diberikan kesempatan seluas-luasnya apabila memang memiliki kualifikasi, kompetensi dan sesuai dengan persyaratan jabatan,” imbuh Katmoko.

Penerimaan CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi utama, yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi SKD dan SKB CPNS 2021 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Pengumuman teknis Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka.

Ingat, bahwa peserta yang mengundurkan diri sesudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi CPNS dan sudah mendapat Nomor Induk Pegawai dari Kepala BKN, sanksinya tidak boleh melamar pada penerimaan ASN untuk 1 periode berikutnya.

Demikian juga yang sudah melamar dan lulus tahun lalu namun mengundurkan diri, maka yang bersangkutan tidak bisa melamar di tahun ini”, tegas Katmoko.

Dijelaskan tentang PermenPAN RB No. 29/2021 terkait Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional. Ketentuan ini berlaku untuk semua JF, kecuali untuk JF Guru di daerah.

Aturan umum untuk mendaftar pada seleksi PPPK JF yaitu WNI dengan usia minimal 20 tahun, dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia tertentu di jabatan yang akan dilamar.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 Kapan Dibuka ?

Calon pendaftar juga wajib mempunyai pengalaman 3 tahun di bidang kerja yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar.

Lain halnya dengan seleksi CPNS, pada seleksi PPPK JF, penyandang disabilitas tidak ada formasi khusus. Calon pendaftar yang penyandang disabilitas bisa mendaftar pada semua formasi yang ada.

Pendaftaran seleksi PPPK JF akan dilaksanakan secara daring melalui SSCASN dan disertai dengan upload berkas persyaratan secara elektronik.

Di seleksi PPPK JF akan ada dua tahapan, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Seleksi kompetensi bertujuan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural si pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Masih dalam tahapan yang sama, akan dilanjutkan dengan wawancara sistem CAT.

Baca juga : Detik-detik Pengumuman Jadwal Pendaftaran dan Formasi CPNS 2021

Menutup pidatonya, Katmoko juga menerangkan terkait PermenPAN RB No. 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk JF Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka

Ketentuan ini khusus untuk para guru di instansi daerah. Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka.

Peserta yang boleh mendaftar seleksi PPPK Guru 2021 ada empat jenis, yakni :

  1. THK-II sesuai database THK-II di BKN;
  2. Guru non-ASN (guru honorer) yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;
  3. Guru Swasta yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;
  4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud.

Tahap Seleksi Kompetensi akan menggunakan sistem CAT-UNBK Kemendikbudristek, bukan CAT BKN.

Tahapan seleksi PPPK Guru yaitu Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi. Dan Seleksi Kompetensi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali.

Baca juga : Link Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai

Peserta yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi I adalah THK-II dan Guru non-ASN di sekolah negeri.

Tahap Seleksi Kompetensi II, bisa diikuti oleh peserta yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi I, ditambah Guru Swasta dan Lulusan PPG.

Sementara Seleksi Kompetensi III boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus di Seleksi Kompetensi III”, ucap Katmoko.

Teknis pengumuman jadwal dan syarat pendaftaran CPNS dan PPPK JF 2021 akan dilakukan oleh Panselnas segera.

Dengan pertimbangan kesiapan secara teknis Tim Pelaksana di BKN juga panitia seleksi instansi masing-masing.

Sementara itu, penyelenggaraan seleksi PPPK Guru di Instansi Daerah akan dikoordinir oleh Kemendikbudristek dengan berkoordinasi dan dilakukan pengawasan oleh Panselnas.

Download Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka tersebut.

Bila Anda masih kesulitan dan ada pertanyaan, silahkan menghubungi layanan helpdesk daring Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui tautan https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2021 Segera Dibuka

Jadwal Seleksi Dikdin, CPNS, dan PPPK

Catatan … seluruh rencana jadwal diatas bersifat tentatif, yang artinya masih bisa berubah menyesuaikan kondisi masyarakat yang berlangsung nantinya.

Berikut admin bagikan panduan pendaftaran, contoh soal SKD & SKB, Psikotes, dan tips wawancara supaya lulus seleksi CPNS dan PPPK.

Ketentuan Swafoto / Foto diri

Cara unggah upload berkas dokumen syarat pendaftaran CPNS

Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

10 Cara untuk Lulus lolos Tes Seleksi CPNS

Soal Psikotes Jawabannya Pdf

Contoh soal tes SKB CPNS

Panduan tata cara pendaftaran CPNS Lengkap dengan Gambarnya

Demikianlah informasi terbaru terkait Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka.

Informasi mengenai skema penerapan prokes covid-19 dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK di atas dapat Anda donwload resminya di SINI.

Jika mengacu seleksi pendaftaran CPNS sebelumnya, akan ada beberapa alur dan tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS.

Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK

Panselnas hingga kini memang belum mengumumkan secara resmi terkait syarat khusus pendaftaran CPNS. Tetapi, ada beberapa syarat umum daftar CPNS yang bisa Anda siapkan sejak sekarang, yakni :

  • Pas foto
  • Swafoto
  • Scan KTP asli
  • Beberapa dokumen pendukung lainnya sesuai dengan yang disyaratkan oleh instansi, sperti sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, surat keterangan penyetaraan ijazah, SKCK, dan sebagainya.
  • Ijazah (fotokopi dan scan)
  • Transkrip nilai (fotokopi dan scan)

Pembahasan seputar CPNS, PPPK, dan Dikdin di caradaftarcpns.com ini,  subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Terimakasih.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi CPNS PPPK untuk menjadi ASN dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Baca juga : Daftar CPNS Kemenkumham 2021

Share atau bagikan info Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

One Reply to “Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.