Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018

Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018. Lokasi ujian hingga metode Tes SKB CPNS 2018 terus di susun oleh Panselnas. Pengumuman jadwal dan lokasi tes SKB CPNS 2018.

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018 diperkirakan akan di laksanakan pada awal Desember 2018. Meski belum ditetapkan tanggalnya.

Menurut rencana awalnya, jadwal ujian SKB CPNS 2018 memang akan dilaksanakan pada awal Desember. Seperti diketahui dari ungkapan oleh kepala BKN saat memimpin rapat di sebuah hotel, Jakarta Kemarin.

Beberapa titik lokasi juga ditentukan, termasuk penggunaan metode pelaksanaan Tes SKB CPNS 2018 nantinya. Lebih lengkapnya dimana saja titik-titik lokasi pelaksanaan tes SKB CPNS 2018, silahkan baca pada link di bawah.

Badan Kepegawaian negara (BKN), melalui panselnas menyebutkan hingga Senin (26/11/2018) pengumuman lulus tes SKD CPNS 2018 belum ada.

Bacalah : Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 Kabupaten Maybrat

Oleh sebab itu, pengumuman daftar peserta tes SKB juga belum di umumkan oleh panselnas. Itulah kenapa pengumuman daftar peserta SKB belum dilakukan.

BKN mengumumkan, hingga saat ini mereka bersama Pemda masih mendata verifikasi dan validasi hasil tes SKD. Dan akan segera diumumkan paling lambat 30 November 2018

BKN memperkirakan, jadwal tes SKB CAT BKN akan dimulai awal Desember. Di dalam pelaksanaan tes SKB CPNS, Panitia Daerah wajib menyediakan metode CAT BKN.

Rencana BKN, titik lokasi yang akan digunakan antara lain stasiun CAT pada Kantor BKN Pusat. Juga di daerah, seluruh stasiun CAT yang berada pada Kantor Regional dan Unit Pelaksana Teknis BKN.

Meski begitu ada kemungkinan juga bahwa pelaksanaan tes SKB CAT BKN akan berada di luar ibukota provinsi.

Dengan pertimbangan untuk mempermudah akses peserta seleksi dari daerah dalam mengikuti tes SKB CAT BKN. Sehingga peserta tes Seleksi Kompetensi Bidang SKB CPNS nantinya dapat lebih bersemangat.

Beberapa titik lokasi pelaksanaan tes SKB CPNS 2018 dapat di baca di sini.

Kebijakan baru pemerintah RI dalam Seleksi CPNS 2018 terkait Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018.

Nilai kumulatif SKD CPNS 2018 diubah melalui permenpan Nomor 61 Tahun 2018.

Peraturan Menpan Nomor 61 Tahun 2018 itu dikeluarkan dengan pertimbangan tingkat kesulitan SKD CPNS 2018.

Baca selengkapnya juga terkait Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS Tahun 2018

Karena passing grade seleksi CPNS tahun ini sangat tinggi, dibandingkan dengan soal SKD pada tahun sebelumnya.

Hal tersebut menyebabkan turunnya jumlah kelulusan peserta SKD Calon Pegawai Negeri Sipil 2018. Juga adanya disparitas hasil kelulusan antar wilayah.

Sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan.

Hal-hal penting terkait Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download
  2. Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Lengkap Pembahasannya
  3. Tips Sukses Lulus Wawancara Seleksi CPNS

Peraturan menteri tersebut diumumkan di Jakarta, 21 November 2018.

Berikut beberapa peraturan baru yang perlu di mengerti bersama :

  1. Pasal 2 Ayat 1 Peraturan Menpan RB Nomor 61 Tahun 2018 menjelaskan bahwa peserta SKB adalah mereka yang lolos nilai ambang batas SKD.
  2. Bila formasi yang dibutuhkan masih kurang atau bahkan tidak ada yang lulus, maka akan diambil dari peserta yang memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD.
  3. Berdasarkan peraturan yang baru, nilai kumulatif SKD juga berubah. Pasal 3 Permenpan tersebut menjelaskan sebagai berikut :

    a) Nilai kumulatif SKD formasi Umum paling rendah 255.
    b) Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang paling rendah 255.
    c) Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan paling rendah 255.
    d) Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan Diaspora paling rendah 255.
    e) Nilai kumulatif SKD formasi Penyandang Disabilitas paling rendah 220.
    f) Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 220.
    g) Nilai kumulatif SKD formasi Tenaga Guru dan Tenag Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling rendah 220 (dua ratus dua puluh).

    Pengumuman Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018 juga dapat di baca di akun SSCN BKN Anda, silahkan login di https://sscn.bkn.go.id/.

  4. Dalam hal tidak ada pelamar yang lolos SKD, peserta berperingkat terbaik yang berhak mengikuti SKB sejumlah paling banyak tiga kali jumlah alokasi formasi;
  5. Bila ada peserta yang nilai kumulatifnya sama, akan ditentukan secara berurutan mulai dari TKP, TIU dan TWIK.
  6. Bila ada peserta yang nilai ketiganya sama dan berada di batas jumlah tiga kali formasi, maka keseluruhan peserta itu akan diikutsertakan SKB.
  7. Pemerintah juga akan membagi peserta SKB dalam dua kelompok.

    Sesuai Pasal 6 poin a peraturan tersebut, kelompok pertama adalah mereka yang memenuhi nilai ambang batas SKD.

    Poin b menjelaskan bahwa jika jumlah peserta SKB pada kelompok pertama masih berada dibawah jumlah alokasi formasi, maka dibuat peserta SKB kelompok kedua.

    Pasal 6 poin c menjelaskan, jumlah peserta SKB pada kelompok kedua paling banyak tiga kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.

    Bila ada peserta pada kelompok kedua yang memiliki nilai kumulatif SKD sama, maka akan ditentutan berdasarkan urutan nilai TKP, TIU dan TWK.

    Jika ada peserta yang nilai ketiganya sama dan masih pada batas jumlah tiga kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut akan diikutsertakan.

  8. Peserta SKB akan bermkompetisi pada kelompoknya masing-masing.
  9. Peserta SKB pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi formasi sebanyak selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.
  10. Pasal 7 Permenpan RB Nomor 61 Tahun 2018 menjelaskan tentang tata cara lengkap pengisian formasi jabatan CPNS jika masih belum terpenuhi, setelah integrasi nilai
    SKD dan SKB.

Masih mengenai Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018 yang kabarnya akan dimulai awal Desember. Bahwa Jadwal, Titik Lokasi dan Metode Tes SKB CPNS 2018 sudah disiapkan oleh panselnas.

BKN, melalui panselnas jadwal tes SKB CPNS 2018 ditargetkan 1-4 Desember. Meski masih tentative.

Persiapan sebelum mengikuti tes SKB CPNS :

  1. Berlatih soal SKB
  2. Persiapan Wawancara
  3. Soal Psikotes

Pengumuman Jadwal Ujian dan Lokasi Tes SKB CPNS tahun ini akan dirilis setelah pengumuman hasil tes SKD serentak akhir November 2018.

Untuk itu, bagi Anda yang merasa yakin lulus tes SKD CAT CPNS tahun ini, silahkan dipantau terus untuk update info terbarunya. Yaitu untuk pengumuman lulus tes SKD CPNS 2018.

Siapa tahu Anda adalah salah satu peserta seleksi CPNS 2018 yang lulus tes SKD. Sehingga dapat melanjutkan ke proses seleksi CPNS berikutnya, yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun 2018.

Demikian sedikit informasi mengenai Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes SKB CPNS 2018 yang dapat admin bagikan.

Semoga Anda sukses dan lulus seleksi CPNS 2018 ini. Juga semoga info ini bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk membagikan informasi pada halaman ini di facebook, twitter, IG, WA.

Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.