Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda

Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda. Tidak Semua Lolos Passing Grade dapat Menjadi CPNS. Ikuti 5 Akun Resmi Kemenpan Ini. Download Jadwal Pendaftaran CPNS 2018.

Para peminat lowongan kerja CPNS sepertinya harus lebih sabar lagi. Karena pengumuman formasi dan jadwal pendaftaran penerimaan CPNS) diundur.

Rilis jadwal pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum pasti.

Tapi berdasarkan informasi yang admin dapat, kutipan dari beberapa artikel di web resmi bkn.go.id. Formasi dan Jadwal pendaftaran CPNS 2018 setelah Rakornas Kepegawaian 2018.

Penetapan formasi CPNS 2018 menjadi salah satu topik yang akan di bahas dalam Rakornas Kepegawaian 2018.

Selain mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah pengangkatan Honorer K2 menjadi CPNS.

Rapat Koordinasi Kepegawaian Nasional (Rakornas) itu sendiri menurut rencana besok 11 Juli 2018.

Oleh sebab itu, kemungkinan pembukaan penerimaan CPNS 2018 akan dilakukan akhir Juli 2018. Begitu juga dengan Download Pengumuman Formasi CPNS 2018 pdf.

Kepala Biro Humas BKN M Ridwan mengatakan, KemenPAN RB memang menundanya. Yaitu mengundur waktu pendaftaran penerimaan CPNS 2018.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 yang tadinya di awal Juli kemungkinan menjadi di akhir Juli 2018. Namun, ini juga belum mendapat kepastian dari Kemenpan RB.

Mohon dipantau terus di caradaftarcpns.com pusat informasi lowongan kerja CPNS.

Pihak panselnas, BKN, dan Kemenpan RB telah menemukan metode baru dalam seleksi CPNS. Kemungkinan akan digunakan dalam seleksi CPNS 2018 ini.

Kemenpan RB tetap berharap dan mengusahakan pendaftaran CPNS 2018 dapat dimulai akhir Juli 2018 ini.

KemenPAN RB dan BKN juga belum resmi mengumumkan Jadwal Tes Penerimaan CPNS 2018. Mungkin dikarenakan beberapa hal seperti di atas.

Pengumuman jadwal penerimaan pendaftaran CPNS 2018 secara resmi akan dirilis di web resmi Kemenpan RB, yaitu di www.menpan.go.id.

Sesudah nantinya Kemenpan RB mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2018. Peminat dapat mendaftar CPNS online melalui http://sscn.bkn.go.id.

Memang pendaftaran cpns 2018 ini adalah hampir sama dengan pendaftaran CPNS gelombang 1 dan 2 lalu.

Anda wajib mengetahui bahwa hingga Senin (9/7/2018), Pemerintah belum merilis jadwal pengumuman pendaftaran penerimaan CPNS 2018.

Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda

Kemenpan RB, BKN, dan Kemenkeu masih mempersiapkan infrastruktur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Lowongan Kerja CPNS 2018 merupakan penerimaan CPNS gelombang ketiga. CPNS gelombang 1 dan 2 pada tahun 2017 untuk formasi Kemenkumham dan Jakarta.

Pendaftaran Penerimaan CPNS gelombang ketiga ini khusus untuk mengisi CPNS di daerah. Terutama daerah terluar dan perbatasan NKRI dengan negara lain.

Tentunya juga ada CPNS 2018 yang ditempatkan di provinsi, kabupaten, dan instansi pemerintah lainnya.

Benar bahwa Pemerintah telah mengumumkan ke publik 2018 ini akan membuka lowongan kerja CPNS. Jumlah alokasi kuota formasi CPNS 2018 pun juga tergolong banyak.

Formasi CPNS 2018 sepertinya akan berada dikisaran angka 150-200 ribuan. Mengacu pada angka pensiun PNS tahun 2018 yang mencapai 220 ribu lebih.

Rekan-rekan pastinya sudah menunggu jadwal penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Di mohon untuk bersabar, karena ini ujian dari Allah Ta’ala.

Penerimaan Formasi CPNS 2018 secara besar-besaran diutamakan bagi daerah. Kemarin  info awal bahwa pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka setelah Pilkada Serentak 2018.

Tapi kenyataannya, hingga saat ini juga belum di buka. Jangankan dibuka pendaftaran CPNS, Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda hingga belum pasti.

Padahal hasil Pilkada Serentak 2018 sudah memasuki tahap akhir penghitungan suara dari kabupaten/kota pada Jumat (6/7/2018). Yang pasti Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda.

Namun sudah dapat dipastikan, bahwa perekrutan abdi masyarakat CPNS 2018 ini sudah semakin dekat. Mohon bersabar, ini ujian dari Allah Ta’ala. Tetap ikuti terus informasi terbaru di caradaftarcpns.com.

Seleksi pendaftaran penerimaan CPNS Tahun 2018 akan dibuka oleh Pemerintah Republik Indonesia. Bersama pelaksana yaitu Badan Kepegawaian Nasional, beserta Panselnas dan Kemenkeu.

Pendaftaran Seleksi CPNS 2018 tahun ini akan mengutamakan formasi CPNS di Provinsi/Kabupaten/kota.

Rekrutmen CPNS 2018 merupakan penerimaan CPNS gelombang ketiga. Setelah era moratorium penerimaan CPNS diberlakukan beberapa tahun yang lalu.

Tidak bosan terus saya mengingatkan kepada Anda para peminat lowongan kerja CPNS. Supaya terus dapat mengikuti update terbaru informasi seputar CPNS 2018 ini.

Anda dapat mengikuti informasi CPNS 2018, dengan cara subscribe/masukkan email Anda di kolom kanan bawah pada blog ini.

Selain mengikuti terus update informasi CPNS dari web ini, silahkan Anda ikuti juga web resmi Kemenpan dan SSCN BKN.

Dan Ingat ! Waspada dan selalu berhati-hatilah dalam membaca segala informasi terkait CPNS 2018 ini. Karena sudah banyak juga informasi yang palsu telah beredar.

Catat Simpan ! Informasi Pendaftaran CPNS akan Diumumkan Oleh Kemenpan RB. Pendaftaran CPNS Online 2018 hanya melalui web scn.bkn.go.id.

Untuk pendaftaran kemungkinan dapat melalui web masing-masing instansi yang membuka formasi CPNS. Tapi ini hanya kemungkinan kecil saja.

Kapan Pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai ?

Jadwal Pengumuman pendaftaran CPNS akan diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hingga informasi ini saya tulis, Senin (9/7/2018), Kemenpan RB belum merilis penguman jadwal CPNS 2018. Sehingga Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda.

Kemenpan RB merilis resmi himbauan kepada calon pelamar CPNS agar selalu waspada terhadap berita palsu.

Berita hoax yang tidak bertanggungjawab terkait dengan Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda ini.

Dibawah ini adalah kutipan pengumuman dari Kemenpan RB terkait Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018.

Hingga saat ini belum ada Penetapan Formasi CPNS.

“Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan hoax,” tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Minggu (24/6/2018).

“Semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi,” jelasnya.

“Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id,” ujarnya.

Berita di atas dapat dibaca langsung di website resmi Kemenpan RI DI SINI.

Agar tidak termakan berita CPNS hoax, silahkan ikuti / follow 6 akun resmi informasi CPNS di bawah ini.

5 Akun Media Sosial Resmi Kemenpan RB dan 1 akun web ini.

Silahkan terus dipantau perkembangan informasi CPNS 2018 melalui beberapa akun sosial media di bawah ini.

  1. Informasi Penerimaan CPNS
  2. Web SSCN BKN
  3. Twitter
  4. Facebook
  5. Instagram
  6. Youtube

Admin sarankan, memang sebaiknya Anda peminat lowongan kerja CPNS mengikuti 5 akun resmi Kemenpan RB. Dan 1 akun web ini di atas.

Tentunya dengan tujuan agar informasi pengumuman pendaftaran CPNS 2018 tidak Anda lewatkan.

Trik dan Tips Lulus Tes CPNS dengan mudah. Silahakn dibaca keterangan tips lulus tes cpns di bawah ini.

Hal ini sepertinya dalam beberapa hari ini menjadi topik yang cukup ramai. Karena tes CPNS tentunya sangat banyak sekali peminatnya.

Meskipun Tes CPNS belum dimulai, ada baiknya bila kita mempersiapkan diri sejak sekarang. Supaya nantinya dapat lulus dan menjadi CPNS dengan lancar.

Untuk itu ada beberapa tips lulus tes cpns dan cara menghadapi tes nya. Selain Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda ini.

Inilah trik dan tips agar lulus tes CPNS dengan mudah. Sedari menunggu Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda.

Sebaiknya Anda menggunakan waktu untuk mempersiapkan berkas dokumen persyaratan pendaftaran CPNS. Serta jangan lupa untuk selalu membaca latihan soal tes CPNS.

Baca :

1. Berkas Dokumen Syarat Pendaftaran CPNS;
2. Bank Latihan Soal CPNS dan Aplikasi CAT.

Anda harus bisa menggunakan simulasi Computer Assisted Test (CAT). Karena nantinya tes seleksi CPNS menggunakan sistem CAT di portal BKN.

Ini mempunyai tujuan supaya Anda itu benar-benar siap menjalani ujian yang sebenarnya. Dan saya doakan mudah-mudahan yang membaca di web ini nanti lulus tes CPNS semua. Aamiin.

Bima Haria Wibisana sebagai kepala BKN, pada 2017 lalu memberikan tips lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sistem CAT. Juga Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda.

Waktu itu Kepala BKN mengatakan, peserta seleksi tes CPNS supaya mempersiapkan diri lebih awal. Untuk nantinya mengerjakan soal-soal tes cpns SKD sistem CAT.

Bima juga mengatakan, peserta CPNS agar mempelajari sejarah bangsa Indonesia. Dan itu lebih kita kenal dengan sebutan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Karena tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini meliputi tiga hal. Yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Jadi tes wawasan kebangsaan ini memang harus belajar, belajar mengenai sejarah Indonesia, rasa kebangsaan Indonesia dan Pancasila,” ujar Bima saat konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (6/10/2017).

Tegas Bima kembali, TWK adalah hal penting bagi seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena PNS adalah abdi negara yang wajib mengetahui sejarah Indonesia.

“Masa iya sih orang Indonesia yang kayak gitu (enggak paham sejarah) apalagi dia jadi PNS yang kerjanya adalah untuk mengurusi orang,” ungkapnya.

Sejak moratorium penerimaan CPNS tahun 2014, banyak sekali peserta seleksi CPNS yang tidak lulus tes TWK. Tentunya ini hal yang sangat fatal sekali.

Hasil diatas berdasarkan pengamatan BKN terhadap jawaban soal-soal tes cpns yang diujikan.

“Di 2014 itu yang gugur banyak adalah di tes wawasan kebangsaan. Sekarang ini rasanya ada sedikit perubahan, saya belum bisa menyampaikan secara detail karena kan ini baru dua Kementerian jadi belum,” jelasnya.

Menurut Bima, supaya Anda dapat melewati dan lulus tahapan tes TWK, ada cara yang harus dilakukan para peserta CPNS.

1. Dengan mempelajari sejarah bangsa Indonesia;
2. Ikut bimbingan belajar khusus lolos CPNS sebelum tes seleksi CPNS;
3. Belajar mandiri mengerjakan latihan soal tes cpns 2018, sudah ada di web ini.

“Di Gramedia juga yang paling laku dalam sebulan ini best seller-nya Gramedia adalah soal-soal CPNS CAT sampai cetak ulang berkali-kali,” pungkasnya.

Di bawah ini adalah rangkuman Tips Lulus CPNS 2018 :

1. Bagi Anda yang berminat mengikuti seleksi CPNS, wajib cermat dan semua syarat terpenuhi. Penuhilah semua syarat pendaftaran CPNS hingga lolos seleksi administrasi CPNS 2018.

2. Belajar mengerjakan latihan soal tes SKD dan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

3. Nilai tes peserta seleksi harus lulus atau ambang batas (passing grade) yang sudah ditentukan oleh Peraturan Menteri PAN RB.

Bahkan dari itu, pemerintah juga sudah merilis resmi kisi-kisi yang telah ditetapkan pada CPNS 2017 lalu. Anda dapat mempelajari download kisi-kisi soal tes CPNS 2018 di sini.

Latihan Soal TWK, TIU, dan TKP.

a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK adalah guna menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta tes seleksi CPNS. Terutama untuk mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia.

Empat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).

NKRI yang meliputi sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Terimakasih telah membagikan Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda ini.

b. Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU adalah untuk menilai kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis peserta.

Selain itu juga untuk menilai kemampuan numerik peserta cpns. Yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Juga supaya mengetahui kemampuan berpikir logis peserta tes cpns. Yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

Serta kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP guna menilai integritas diri, semangat berprestasi, dan kreativitas. Selain itu juga inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, dan kemampuan beradaptasi.

Bahkan juga menilai kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

“TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain,” jelas Suwardi.

4. Selain tiga poin di atas, juga terdapat tes SKB dan Anda harus lulus tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Untuk tahap ini, kemungkinan tidak akan sama dengan CPNS tahun lalu. Yang harus melalui tes SKB, tahun ini sepertinya tidak ada SKB.

Sebenarnya untuk menuju profesionalisme ASN, SKB masih sangat dibutuhkan. Tapi kepastiannya belum dapat dibenarkan.

Menurut Permen PANRB No 20/2017 tersebut, materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ditentukan oleh instansi pembina jabatan fungsional.

Khusus soal tes cpns untuk seleksi jabatan pelaksana ditentukan dari instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana.

Instansi pelaksana yang dimaksud belum siap dengan soal tes cpns SKB ? Maka penyusunannya dapat dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansi yang melakukan rekrutmen CPNS.

Materi latihan soal tes SKB berikutnya dapat dikoordinasikan dan diintegrasikan. Tentunya diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tetapi sepertinya tidak semua peserta yang lulus passing grade akan dapat mengikuti SKB.

Total peserta Seleksi Kompetensi Bidang terbanyak adalah 3x jumlah kebutuhan masing-masing jabatan. Yang berdasarkan pada peringkat nilai Seleksi Kompetensi Dasar.

Tes SKB akan dilaksanakan dengan sistem CAT. Selain itu dapat ditambah lagi dengan tes profesi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Tes sistem CAT menggunakan komputer dan penunjang lain yang disediakan oleh BKN. Serta penunjang lain yang dikelola Kemendikbud.

Juga memungkinkan untuk menggunakan fasilitas masing-masing instansi di bawah koordinasi BKN. Selalu baca sampai selesai Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda ini.

Jika terdapat instansi tidak siap melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Bidang CAT, ada 2 macam tes.

  1. Yakni tes praktik kerja, dengan materi dan penguji yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan jabatan.
  2. Dan tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, dan wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh Jabatan.

Akan tetapi, instansi yang bersangkutan wajib membuat dan menyampaikan panduan kepada Panselnas. Tentunya terkait dengan rencana pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang sebelum tes SKD dimulai.

“Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yang hasilnya disampaikan ke PANSELNAS dalam bentuk softcopy dan hardcopy,” ujar Suwardi.

Informasi lebih lanjut tentang tes CPNS 2018 bisa diakses langsung di situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan cara berkomentar yang baik dan bijak serta sopan.

Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan pengunjung.

Diharap dengan postingan Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga sukses dan lulus menjadi PNS.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Cara Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian CPNS
  2. Batas Usia Tidak Bisa Mengikuti Seleksi Pendaftaran CPNS 2018
  3. Download Soal CPNS dan Kunci Jawaban
  4. Website Resmi Pendaftaran dan Penerimaan CPNS 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.