Persyaratan CPNS 2021

Persyaratan CPNS 2021. Berkas syarat pendaftaran CPNS 2021 melalui sscn.bkn.go.id. Cara upload berkas dokumen syarat CPNS dan ukuran yang sesuai ketentuan.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa info pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dimulai pada Maret mendatang.

Kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka

Karena tahun ini tidak diadakan seleksi penerimaan CPNS, sehingga akan dibuka kembali seleksi pendaftaran CPNS 2021.

Saat seleksi CPNS tahun lalu, BNP2TKI juga membuka beberapa kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Jadi, kemungkinan besar BNP2TKI akan membuka kembali formasi CPNS untuk instansinya. Siapkan segala sesuatunya sejak sekarang, supaya tidak tergesa-gesa nantinya.

Baca Juga : Kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka

Baca Juga : Tahapan Pendaftaran CPNS 2021

Oleh karena itu. admin juga akan berbagi informasi berhubungan dengan seleksi CPNS 2021 BNP2TKI, seperti jadwal, syarat, dan cara pendaftaran.

Syarat Pendaftaran CPNS BNP2TKI 2021 secara umum

Mengacu pada seleksi tahun sebelumnya, berikut merupakan Persyaratan CPNS 2021 BNP2TKI.

Syarat umum ini berlaku untuk pendaftar Formasi khusus, formasi Umum, dan Formasi bagi peserta seleksi penerimaan CPNS (P1/TL), adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  • Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat mendaftar.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah dan harus ditandatangani oleh Dokter Pemeriksa wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
    Persyaratan CPNS 2021 2022 secara umum.
  • Menguasai Bahasa Inggris atau Bahasa Arab atau Bahasa Jepang atau Bahasa Korea atau Bahasa Cina dan atau Mandarin secara baik (wajib dicantumkan dalam surat pernyataan).
  • Peserta seleksi yang sedang dalam proses mengikuti program beasiswa (seperti I-PDP) dan telah ditetapkan sebagai CPNS dapat melanjutkan program beasiswanya setelah yang bersangkutan berstatus PNS.
  • Peserta seleksi CPNS tahun 2019 yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan telah mendapatkan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dari BKN, kemudian mengundurkan diri, maka yang bersangkutan tidak dapat mendaftar pada seleksi CPNS tahun 2021.
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat dan harus ditandatangani oleh Dokter Pemeriksa yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pelamar wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang bersangkutan saat pendaftaran dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.

Silahkan gabung bersama rekan lainnya di Facebookwww.caradaftarcpns.com, supaya Anda dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS tahun depan.

Informasi terkait Persyaratan CPNS 2021 2022 silahkan disimpan.

Baca Juga : Persamaan Perbedaan PNS Dengan PPPK

Baca Juga : 10 Tips Sukses Lolos Seleksi CPNS

Sedangkan persyaratan yang berhubungan dengan kualifikasi pendidikan, biasanya akan ada sedikit perbedaan setiap formasi.

Syarat pendaftaran CPNS pelamar Formasi Disabilitas, Formasi umum, dan Putra/Putri Papua/Papua Barat :

  1. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dalam skala 4,00
  2. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) pada saat kelulusan.
  3. Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

Syarat pendaftaran CPNS Formasi Cumlaude :

  1. Lulusan dari Perguruan Tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian”/Cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah atau transkrip nilai.
  2. Lulusan Perguruan Tinggi luar negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “Dengan Pujian”/Cumlaude dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

Mohon pahami dan ikuti terkait Persyaratan CPNS 2021 2022.

Baca Juga : Syarat dan Alur Tahapan Pendaftaran Guru PPPK 2021

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Panduan tata cara pendaftaran CPNS BNP2TKI 2021

Pada dasarnya saat di awal proses pendaftaran CPNS sama saja dengan instansi lainnya. Mulai ada perbedaan saat memilih instansi dan formasi yang sesuai dengan ijazah pelamar masing-masing.

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS BNP2TKI 2021, siapkanlah dokumen berkas hasil scan berwarna dari dokumen asli, contohnya sebagai berikut :

  1. Pas foto terbaru (latar belakang warna merah) Asli Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000.
  2. Kartu Tanda Penduduk atau surat keterangan telah melakukan perekaman data kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat
  3. Ijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dilamar, Surat Keterangan Lulus/ijazah Sementara tidak diterima.
  4. Transkrip Nilai.
  5. Surat Pernyataan/Keterangan.

Demikianlah info Persyaratan CPNS 2021 BNP2TKI.

Tunggu update informasi rekrutmen penerimaan CPNS 2021 2022 di web informasi cpns ini.

Baca juga : Sebelum Pendaftaran CPNS 2021, Siapkan Dokumen Pemberkasan Berikut

Baca juga : Syarat Pendaftaran PPPK 2021 Guru

Selain informasi seputar CPNS di caradaftarcpns.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi dan menjadi CPNS PNS dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Terimakasih.

Share atau bagikan info CPNS 2021 ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

One Reply to “Persyaratan CPNS 2021”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.