Prioritas Pendaftaran PPPK 2022

Prioritas Pendaftaran PPPK 2022. Akan ada beberapa kategori dan formasi dalam rekrutmen PPPK tahun ini.

Guru Honorer yang Jadi Prioritas 1 Bisa Daftar PPPK 2022 Tanpa Tes, lowongan seleksi menjadi ASN untuk guru honorer.

Prioritas Pendaftaran PPPK 2022
Grafik Prioritas Pendaftaran PPPK 2022

Pendaftaran Segera Dibuka, Cek 3 Formasi Prioritas dan Nasib P3K Guru Tahap 3. Tahun 2023 diharapkan tidak ada lagi tenaga honorer.

Info CPNS terbaru, gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, supaya dapat mengikuti update informasi seputar lowongan PPPK, Dikdin, dan CPNS berikutnya.

Pemerintah membuka kembali rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun ini. Prioritas penerimaan PPPK adalah yang termasuk dalam kategori pelamar I, II, dan III.

Baca juga : Syarat PPPK Guru 2022

Menurut informasi yang admin kutip dari laman resmi kemenpan, berikut adalah Prioritas rekrutmen PPPK 2022.

Pelamar PPPK Prioritas I

Adalah Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang sesuai passing grade saat seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun lalu, akan tetapi belum dapat formasi.

Pelamar PPPK Prioritas II

Yakni THK-II

Pelamar PPPK Prioritas III

Mereka yaitu guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik, dengan masa kerja minimal 3 tahun.

Pelamar PPPK Umum

Mereka lulusan PPG yang terdaftar dalam database kelulusan PPG Kemendikbudristek, juga yang terdaftar di Dapodik.

Apabila tidak ada kuota pada Prioritas Pendaftaran PPPK 2022, silahkan mencoba jalur umum.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran PPDB SMA SMK Negeri Jateng 2022

Bahkan Kementerian PAN RB juga sudah merilis aturan sebagai dasar pelaksanaan rekrutmen PPPK 2022. Yaitu Peraturan Menteri PANRB No. 20/2022 mengenai Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Rekrutmen PPPK Guru tahun 2022 bisa diikuti oleh dua kategori pelamar, yakni Pelamar Prioritas dan Pelamar Umum.

Seleksi kompetensi bagi pelamar PPPK 2022 prioritas I menggunakan hasil Seleksi Tahun lalu. Pelamar PPPK 2022 Prioritas II dan III dengan menilai kualifikasi kompetensi, akademik, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang.

Arahnya kita tidak hanya ingin memenuhi kuantitas yang memang shortage (kekurangan) saat ini, tetapi yang memenuhi nilai ambang batas di tahun 2021 kita berikan prioritas,” kata Alex.

Baca juga : Pendaftaran PPPK Kemenag 2022

Seleksi Kompetensi dan pendaftaran pelamar umum masih sama dengan seleksi tahun sebelumnya. Yaitu dengan sistem CAT-UNBK untuk menilai kompetensi Manajerial, Teknis, dan Sosial Kultural masing-masing pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

PerMenPANRB No. 20/2022 tersebut semoga jadi jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan guru, khususnya guru di daerah dan 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Kita ingin pemda berani untuk mengusulkan formasi guru. Kita akan perjuangkan karena guru adalah pelayanan dasar untuk meningkatkan SDM kita menuju Indonesia Maju seperti yang dicita-citakan,” tambahnya.

Sedangkan DirJen GTK Kemendikbudristek Iwan Syahril juga menjelaskan mekanisme penempatan PPPK JF Guru Tahun 2022.

Apakah Anda termasuk dalam Prioritas Pendaftaran PPPK 2022 ? Simak info selanjutnya.

Bahwa rekrutmen PPPK 2022 diutamakan pada pelamar Prioritas I. Karena terdapat 193.954 guru yang memenuhi passing grade (PG) saat seleksi PPPK Guru tahun 2021.

Nantinya mereka akan ditempatkan pada satuan pendidikan menurut kebutuhan dan kuota yang tersedia di daerah, tanpa mengikuti ujian kembali.

Prioritas penempatan bagi yang sudah lulus Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK Guru tahun 2021 dilakukan berdasarkan urutan kategori pelamar secara berurutan yaitu THK-II, Guru non-ASN di sekolah negeri, Lulusan PPG, dan Guru Swasta,” ungkapnya.

Baca juga : Pendaftaran PPPK 2022 Tenaga Kesehatan

Lalu apabila formasi belum terpenuhi, akan diisi oleh Pelamar Prioritas II (THK-II) dan Prioritas III (Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja minimal 3 tahun).

Bila pada seleksi tersebut formasi belum terpenuhi semua, akan dibuka untuk seleksi untuk kategori Pelamar Umum.

Kami menegaskan tidak. Artinya formasi Guru ASN-PPPK tahun 2021 yang masih tersisa sebanyak 212.392 tetap akan menjadi formasi yang diperebutkan di tahun 2022,” kata Iwan.

Hingga kini total formasi yang telah diusulkan oleh pemda (termasuk guru agama) untuk tahun 2022 adalah 343.631. Ini berarti hanya sekitar 35 persen dari keseluruhan kebutuhan formasi yang ada.

Iwan juga menjelaskan, kunci kesuksesan rekrutmen PPPK Guru yaitu adanya formasi yang diajukan oleh pemda secara tepat.

Jadi ini bukan hanya pemenuhan secara kepegawaian, tetapi juga layanan yang diberikan atas pendidikan yang bisa dijangkau seluruh masyarakat sehingga SDM kita bisa berkembang dengan lebih baik,” jelas Iwan.

Baca juga : Perbandingan Gaji PPPK dan PNS

Demikian informasi terbaru hari ini terkait Prioritas Pendaftaran PPPK 2022.

Semoga informasinya bermanfaat dan berkah untuk kita semua, saya doakan semoga yang membaca di halaman ini dapat lulus seleksi dan menjadi ASN, aamiin.

Jangan lupa untuk berbagi juga informasi di halaman ini dengan klik tombol sosmed di bawah itu.

Terimaksih.

Sumber : _https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/inilah-prioritas-pelamar-pada-pengadaan-pppk-guru-2022

One Reply to “Prioritas Pendaftaran PPPK 2022”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.