Rekrutmen CPNS 2018 Mulai Habis Lebaran, Baca Informasi Resmi dari BKN & Men-PAN Berikut

caradaftarcpns.com. Rekrutmen CPNS 2018 Mulai Habis Lebaran, Baca Informasi Resmi dari BKN & Men-PAN Berikut. Pengumuman formasi CPNS 2018 silahkan di unduh.

Sebentar lagi, pendaftaran rekrutmen CPNS 2018 gelombang ke-3 tahun 2018 akan segera dibuka. Para pencari kerja ingin menjadi ASN pun banyak berburu informasi terkait.

Tetapi, masih ada juga beberapa oknum palsu tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya dengan cara menyebar informasi palsu.

Contoh informasi palsu yang sudah tersebar yaitu tentang formasi dari Tenaga Honorer, PTT, PT Non-PNS serta Tenaga Kontrak 2016-2019. Ada yang mengatasnamakan KemenPAN-RB.

Yang memberitakan jumlah alokasi formasi dari Kantor Regional BKN.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Biro Humas BKN RI, Mohammad Ridwan mengatakan, bahwa hingga sekarang, pendataan kebutuhan formasi alokasi CPNS 2018 baik di pusat dan daerah belumlah selesai.

Rekrutmen CPNS 2018 sepertinya akan dimulai sesudah pelaksanaan Pilkada serentak, 27 Juni 2018 atau sesudah Lebaran Idul fitri 1439 H nanti.

Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Namun sampai hari ini Pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS TA 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu hoax,” ujar Ridwan, Jumat (25/5/2018), sebagaimana dikutip dari laman resmi BKN, Bkn.go.id.

Ridwan juga mengatakan, “Masyarakat agar tidak percaya pada informasi yang tidak jelas kebenarannya. Informasi resmi penerimaan CPNS hanya dikeluarkan oleh Kemenpan RB dan BKN melalui www.bkn.go.id dan kanal-kanal media sosial resmi milik BKN.”

Inilah inti dari info Rekrutmen CPNS 2018 Mulai Habis Lebaran, Baca Informasi Resmi dari BKN & Men-PAN Berikut. Informasi penting terkait pendaftaran CPNS 2018 gelombang 3 ini, bacalah di bawah ini, karena ada kabar baik dan kabar buruknya.

Rekrutmen CPNS 2018 Mulai Habis Lebaran, Baca Informasi Resmi dari BKN & Men-PAN Berikut

Kabar Buruk

1. Honorer wajib ikut tes seleksi, karena tidak dapat langsung diangkat jadi CPNS.

MenPAN RB RI, Asman Abnur sudah membulatkan bahwa tidak akan ada lagi pengangkatan CPNS secara langsung dari tenaga honorer.

Asman menambahkan, tenaga honorer wajib mengikuti alur tes seleksi CPNS 2018 sesuai dengan amanat UU.

Hal tersebut dikatakan Asman setelah membuka rapat Koordinasi Kebijakan Standarisasi Jabatan dan Pengembangan Karier SDM Kemenpan RB RI di Hotel Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/5/2018).

“Yang jelas ada penerimaan CPNS tahun ini dan semua harus melalui melalui tes. Hasil seleksi semua diumumkan secara transparan dan tidak ada lagi sistem titipan pejabat dan lainnya,” kata Asman.

“Jadi kalau ada pegawai yang sudah bekerja lima tahun, dua tahun atau tiga tahun, silakan ikut tes jika ingin jadi PNS.”

2. Tidak ada titipan atau saudara dekat pejabat.

Untuk pendaftar yang mempunyai saudara atau sahabat seorang pejabat, tidak akan dapat melakukan nepotisme.

“Bupati, gubernur, termasuk menteri sekali pun tidak bisa bantu jadi CPNS. Yang bisa membantunya adalah kemampuan individunya sendiri. Ada tesnya, ada soal-soalnya,” kata Asman menegaskan.

Kabar Baik

1. Tes Seleksi CPNS 2018 Harus Berdasarkan Kompetensi.

Menteri Asman Abnur berani memberikan jaminan transparansi dalam proses penerimaan CPNS. Hanya yang berkomptensi saja yang lulus seleksi.

Saat ini merupakan era serba transparansi, bukan atau tidak berdasarkan rekomendasi pejabat tertentu untuk menjadi CPNS/PNS.

Dia memaparkan bahwa pemerintah ingin PNS yang menduduki suatu jabatan harus berdasarkan kompetensi.

Sebuah jabatan harus dipegang dan dilaksanakan oleh orang yang benar-benar profesional dibidangnya.

“Pentingnya manajemen aparatur sipil negara berbasis kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Sebab PNS merupakan orang-orang pilihan. Kalau salah merencanakan dan salah merekrut, maka 30-50 tahun ke depan kita akan salah menanggung beban,” tutur Asman saat rapat koordinasi di hadapan perwakilan PNS dari 185 kabupaten/kota se-Indonesia di Kota Makassar.

2. Dibuka setelah lebaran 2018 atau pasca Pilkada serentak.

Rekrutmen CPNS jadwal nya baru akan dimulai usai Pilkada Serentak, 27 Juni 2018.

Salah satunya alasannya yaitu untuk menghindari timbulnya pandangan yang mengaitkan penerimaan CPNS 2018 dengan berlangsungnya Pilkada.

“Pemerintah tidak ingin penerimaan CPNS disangkut-pautkan dengan kepentingan Pilkada,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan, Selasa (10/4/2018).

“Padahal penerimaan CPNS benar-benar hanya memenuhi kebutuhan PNS untuk meningkatkan pelayanan publik,” tambahnya.

3. Aloksi Formasi CPNS 2018 akan diumumkan Mei.

Alokasi Formasi kebutuhan PCNS 2018 saat ini masih dibuat. Kalau sudah jadi, akan diumumkan ke media bulan Mei 2018.

4. CPNS 2018 mengutamakan guru dan tenaga kesehatan.

Alokasi Formasi CPNS tahun 2018 tak akan melebihi jumlah ASN yang pensiun.

Tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan adalah salah satu formasi diprioritaskan, jumlahnya lebih banyak..

KemenPAN RB telah mengusulkan 200.000 kuota CPNS baik di pusat dan daerah pada 2018.

Jumalah itu lebih diprioritaskan tenaga guru dan kesehatan.

Sebelum itu, Mendikbud RI, Muhadjir Effendy meminta kepada Asman untuk menambah formasi tenaga guru sejumlah 100.0000 orang di 2018.

Baca :

  1. Pendaftaran CPNS 2018, Inilah Instansi Pemerintah Yang Tunjangan Take Home Pay nya Tertinggi
  2. 5 Informasi Penting Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Periode 3
  3. 6 Hal yang Harus Diketahui soal Seleksi CPNS 2018

Karena guna memenuhi kebutuhan tenaga guru yang sebanyak 736 ribu di seluruh Indonesia.

Sekian informasi terkait dengan Rekrutmen CPNS 2018 Mulai Habis Lebaran, Baca Informasi Resmi dari BKN & Men-PAN Berikut ini. Semoga bermanfaat.

Informasi selanjutnya terkait pengumuman formasi cpns 2018, silahkan update di artikel blog ini selanjutnya.

Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.