Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021

Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021 dengan Penerapan Prokes Covid-19. Tahapan seleksi penerimaan CPNS 2021.

Penyelenggaraan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021 dengan metode sistem Computer Assisted Test (CAT) akan kembali dilaksanakan dengan menerapkan skema penerapan protokol kesehatan atau prokes pencegahan pandemi Covid-19.

Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021

Nah, ayo gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.caradaftarcpns.com, Agar dapat mengikuti update informasi seputar lowongan CPNS berikutnya.

Untuk itu Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional/Panselnas menyiapkan skema pelaksanaan seleksi dengan menerbitkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 tanggal 17 Mei 2021.

Prosedur prokes pelaksanaan seleksi ASN 2021 ini disampaikan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian di Instansi Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah sebagai pedoman bagi panitia penyelenggara seleksi ASN.

Pedoman seleksi CAT BKN ini mencakup kebijakan umum, prosedur penyelenggaran seleksi, sampai dengan langkah yang diterapkan bagi peserta seleksi yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga : Formasi Terbanyak Favorit CPNS 2021

Adapun pedoman umum yang perlu disiapkan oleh Tim Pelaksana CAT BKN bersama Panitia Seleksi Instansi meliputi ketersediaan infrastruktur memadai bagi pelaksanaan seleksi CAT BKN, baik dari aspek spesifikasi teknis sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN, maupun dari aspek ketersediaan fasilitas standar prokes yang diterapkan Pemerintah di lokasi ujian, termasuk membentuk Tim Kesehatan di masing-masing titik lokasi (Tilok) seleksi.

Rencana Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021 2022.

Sementara pedoman umum yang perlu diperhatikan setiap peserta seleksi dalam Surat Edaran ini terdiri dari :

  1. Peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 (empat belas) hari kalender sebelum pelaksanaan seleksi;
  2. Peserta seleksi tidak diperkenankan singgah di tempat lain selama perjalanan menuju ke tempat seleksi;
  3. Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Menggunakan masker medis dan apabila memakai masker kain, dianjurkan menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis. Jika berhadapan dengan banyak orang, penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan;
  4. Tetap menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain; Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer;
  5. Membawa alat tulis pribadi;
  6. Peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu > 37,3 derajat Celcius diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah dan diawasi oleh petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (faceshield);
  7. Peserta seleksi yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi ujian mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Pemerintah; dan
  8. Pengantar peserta seleksi dilarang masuk dan menunggu di dalam area seleksi untuk menghindari kerumunan.

Dari aspek penyelenggaraan seleksi, kerabat atau pengantar peserta seleksi dilarang berada di lokasi ujian untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2021 Segera Dibuka 31 Mei

BKN tetap memastikan bahwa live scoring CAT BKN ditayangkan secara langsung di media online streaming.

Dalam hal ini BKN berkerja sama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk memastikan tidak ada kerumunan pengantar dan peserta seleksi di sekitar lokasi seleksi.

Jadwal dan syarat pendaftaran serta Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021 2022.

Selain itu, setiap Tilok ujian harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat.

Bagi peserta seleksi yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius dilakukan pemeriksaan ulang paling banyak 2 (dua) kali dengan jarak waktu pemeriksaan 5 (lima) menit dan ditempatkan pada tempat yang ditentukan di Tilok.

Apabila hasil pemeriksaan ulang kedua peserta tetap memiliki suhu tubuh >37 derajat celcius, maka dilakukan pemeriksaan oleh Tim Kesehatan untuk mendapat rekomendasi layak tidaknya mengikuti ujian.

Jika peserta dinyatakan tidak direkomendasikan mengikuti ujian, maka peserta seleksi diberikan kesempatan mengikuti seleksi pada sesi cadangan sesuai rekomendasi tim kesehatan dengan jadwal yang ditetapkan BKN setelah Panitia Instansi berkoordinasi dengan BKN.

Baca juga : Daftar CPNS Kemenkumham 2021

Apabila tidak mengikuti seleksi pada sesi cadangan, maka peserta seleksi tersebut dianggap gugur.

Selanjutnya bagi peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan berstatus menjalani isolasi wajib melaporkannya kepada Panitia Instansi yang dilamar.

Lalu Panitia Instansi bersurat kepada Kepala BKN berupa surat permohonan agar peserta seleksi CPNS yang telah terkonfirmasi positif Covid19 dapat dijadwalkan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat.

Surat permohonan disampaikan dengan melampirkan bukti surat rekomendasi dokter dan/atau hasil swab PCR dan keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang, lalu BKN akan mengatur kembali jadwal peserta seleksi.

Sementara bagi peserta seleksi yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak sedang menjalani isolasi atau sudah menjalani isolasi, maka Panitia Seleksi Instansi melaporkan kepada Tim Pelaksana CAT BKN dan dibuatkan Berita Acara Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19 sesuai lampiran Surat Edaran dan peserta dapat mengikuti seleksi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan di ruangan khusus yang disediakan di Tilok.

Info terbaru terkait degan Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021 2022.

Untuk jadwal pelaksanaan seleksi ASN 2021 tengah difinalisasi oleh Tim CAT BKN sambil menunggu beberapa hal, di antaranya : selesainya seleksi Sekolah Kedinasan, penyiapan sistem SSCASN berupa integrasi penetapan kebutuhan (formasi) dari Kemenpan RB ke sistem SSCASN, setting persyaratan oleh instansi, verifikasi dan validasi formasi oleh BKN, rekomendasi dari Satgas Covid Nasional, dan penentuan Tilok mandiri oleh instansi.

Baca juga : Kisi-kisi Soal Tes CPNS dan PPPK 2021

Baca juga : Jadwal Pendaftaran PPDB SMA SMK Negeri Provinsi Papua Barat 2021

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021

  1. Pengumuman Seleksi CPNS : 30 Mei – 13 Juni 2021.
  2. Pendaftaran Seleksi CPNS : 31 Mei – 21 Juni 2021.
  3. Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS : 1 Juni – 30 Juni 2021.
  4. Masa Sanggah CPNS: 1 Juli – 11 Juli 2021.
  5. Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) : Juli – September 2021.
  6. Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) : Juli – September 2021 (setelah SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi).
  7. Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud)

Tes Gelombang 1 : Agustus 2021

Tes Gelombang 2 : Oktober 2021

Tes Gelombang 3 : Desember 2021

  1. Pelaksanaan tes ujian SKB CPNS : September – Oktober 2021.
  2. Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS dan Masa Sanggah : November 2021.
  3. Penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK : Desember 2021.

Berikut admin bagikan panduan pendaftaran, contoh soal SKD & SKB, Psikotes, dan tips wawancara supaya lulus seleksi CPNS dan PPPK.

Ketentuan Swafoto / Foto diri

Cara unggah upload berkas dokumen syarat pendaftaran CPNS

Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

10 Cara untuk Lulus lolos Tes Seleksi CPNS

Soal Psikotes Jawabannya Pdf

Contoh soal tes SKB CPNS

Panduan tata cara pendaftaran CPNS lengkap

Demikianlah informasi terbaru terkait Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021.

Informasi mengenai skema penerapan prokes covid-19 dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 di atas dapat Anda donwload resminya di SINI.

Jika mengacu seleksi pendaftaran CPNS sebelumnya, akan ada beberapa alur dan tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS.

Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK

Panselnas hingga kini memang belum mengumumkan secara resmi terkait syarat khusus pendaftaran CPNS. Tetapi, ada beberapa syarat umum daftar CPNS yang bisa Anda siapkan sejak sekarang, yakni :

  • Pas foto
  • Swafoto
  • Scan KTP asli
  • Beberapa dokumen pendukung lainnya sesuai dengan yang disyaratkan oleh instansi, sperti sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, surat keterangan penyetaraan ijazah, SKCK, dan sebagainya.
  • Ijazah (fotokopi dan scan)
  • Transkrip nilai (fotokopi dan scan)

Pembahasan seputar CPNS, PPPK, dan Dikdin di caradaftarcpns.com ini,  subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Terimakasih.

Admin doakan, semoga rekan yang baca dan berbagi info caradaftarcpns.com dapat lulus seleksi CPNS PPPK untuk menjadi ASN dengan lancar dan berkah, Aamiin.

Share atau bagikan info Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021 ini dengan klik tombol di bawah, semoga berkah untuk Anda dengan berbagi.

One Reply to “Skema Pelaksanaan Seleksi CPNS CAT BKN 2021”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.