Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian

caradaftarcpns.com. Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian. Download Pengumuman Formasi CPNS PDF. Download Jadwal Pendaftaran PNS 2018 PDF.

Makin lama makin jelas saja terkait dengan Penerimaan CPNS 2018. Penundaan pengumuman formasi CPNS 2018, penundaan jadwal pendaftaran CPNS.

Ternyata itu semua terkait dengan Rakornas Kepegawaian 2018 yang beberapa hari lagi digelar. Kenapa saya informasikan seperti ini, karena baru-baru ini memang pihak BKN merilis informasi tersebut.

Silahkan bapak ibu dan rekan-rekan semua untuk mebaca lebih detail terkait informasi CPNS 2018. Tentunya yang akan dibahas dalam Rakornas Kepegawaian 2018. Baca pada tautan di atas ya kawan.

Baca info lengkapnya terkait Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian. Bahkan juga ada bocoran Latihan Soal Tes Seleksi CPNS ini.

Masih ada waktu bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2018 untuk mempersiapkan diri. Tentunya dengan menyiapkan berkas dokumen syarat pendaftaran CPNS 2018.

Selain persiapan dokumen berkas syarat pendaftaran CPNS, Anda juga harus latihan soal-soal cpns. Supaya nantinya Anda juga lancar dan dapat mengerjakan soal tes ujian CPNS.

Pelaksanaan ujian seleksi SKD dan SKB, akan digunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN. Yang sudah ada perbaikan SOP dan pengembangan fitur aplikasi nya.

“Karena diperkirakan penerimaan CPNS kali ini dimaksudkan untuk penambahan PNS di pusat dan daerah, maka titik-titik lokasi SKD dan SKB akan berada di 34 provinsi, dengan memperhitungkan jarak dan kendala transportasi peserta,” papar Karo Humas BKN.

Oleh karena itu, BKN juga akan memerlukan kerja sama dengan BKPSDM/BKPP/BKD di seluruh Indonesia. Baik itu di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang mempunyai fasilitas CAT.

Sedangkan instansi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai fasilitas UKG dan UNBK, juga akan di ajak kerjasama.

“Dengan kebijakan rekrutmen yang, “Kompetetif, Adil, Objektif, Transparan, Tidak KKN, dan Bebas Biaya,” masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi yang berkaitan dengan penerimaan CPNS,” ujarnya.

Informasi Resmi Pendaftaran CPNS Hanya Diumumkan Oleh BKN dan Kemenpan RB. Lalu kapan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 dibuka ?

Rilis pengumuman pendaftaran penerimaan CPNS akan diumumkan oleh Kemenpan RB dan BKN.

Hingga informasi ini admin tulis, Kamis (5/7/2018), Kemenpan dan BKN belum juga rilis pengumuman pendaftaran. Bahkan Pengumuman Formasi CPNS 2018 saja juga belum diumumkan.

Terkait dengan Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian mohon di baca dengan teliti dan cermat.

Penting !

Kemenpan selalu menghimbau kepada calon pelamar agar selalu waspada terhadap berita hoax. Berita informasi CPNS yang tidak dapat dipertanggungjawabkan terkait jadwal penerimaan CPNS 2018 ini.

Di bawah ini adalah edaran resmi Kemenpan RB berhubungan dengan Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018.

Bahwa hingga hari ini belum Ada Penetapan Formasi CPNS 2018.

Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian

Meskipun kini sudah beredar banyak sekali berita terkait pendaftaran CPNS tahun 2018, KemenPAN RB tegaskan bahwa kabar tersebut palsu atau hoax.

“Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan hoax,” tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Minggu (24/06/2018).

Tambahnya, di tahun 2018 ini sebenarnya memang ada rencana rekrutmen CPNS. Prioritas untuk formasi tenaga kesehatan, guru, dan formasi spesifik lainnya.

Tujuannya adalah membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi.

“Semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi,” jelasnya.

Berita yang sudah tersebar di berbagai media cetak dan elektronik itu belum tentu benar. Seakan-akan BKN akan membuka Pendaftaran CPNS bulan Juli 2018.

Kabar tersebut sudah lengkap dengan kriteria CPNS yang diperlukan, susunan formasi CPNS. Juga berkas dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran, dan kuota penerimaan CPNS.

Oleh sebab itu dimohon kepada rekan-rekan peminat lowogan kerja CPNS agar waspada dan berhati-hati. Karena informasi CPNS 2018 hingga kini masih simpang siur.

Terlebih bila informasi tersebut belum atau tidak jelas sumbernya.

“Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id,” ujarnya.

Informasi di atas bisa diakses langsung di website resmi Kemenpan RI.

1. Website : www.menpan.go.id
2. Web SSCN BKN
3. Pusat Informasi CPNS RI

Saya anjurkan untuk Anda yang serius berminat untuk mempersiapkan diri mendaftar CPNS 2018. Segera ikuti web ini atau follow akun resmi Kemenpan RB.

Agar nantinya segala informasi terkait Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 tidak terlewatkan. Ini penting sekali untuk Anda ketahui.

Bersamaan menunggu pengumuman pendaftaran CPNS 2018, ada baiknya Anda siapkan lengkap dokumen syarat yang diperlukan.

Admin kutip dari portal resmi KemenPAN-RB, pada 4 Juli 2018, bahwa MenPAN RB akan mengutamakan formasi CPNS 2018 untuk jabatan teknis dan spesialis.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Alokasi CPNS yang Diterima

Formasi CPNS 2018 diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan pendidikan, poros maritim, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, ketahanan energi, dan ketahanan pangan.

Sistem Seleksi CPNS 2018

BKN atau pemerintah akan menggunakan sistem CAT dalam seleksi penerimaan CPNS 2018 ini. Seperti cara-cara seleksi CPNS selama ini.

Yakni menggunakan Computer Assisted Tes (CAT), atau ujian dengan menggunakan komputer online. Karena hasilnya lebih akuntabel dan transparan.

Dokumen Berkas Persyaratan Pendaftaran CPNS

KemenPAN-RB saat ini masih membentuk rangka formasi CPNS yang sesuai untuk CPNS 2018.

Harap diingat !

Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian ini.

Rilis Pengumuman resmi pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2018 hanya diumumkan di website resmi Kemenpan dan BKH.

Dokumen Syarat Pendaftaran CPNS bagi tenaga profesional antara lain :

1. Fotokopi KTP,
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir,
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT,
4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen syarat tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain :

1. Materai Rp 6.000,
2. Fotokopi KTP,
3. Fotokopi ijazah/STTB,
4. Fotokopi ijazah SD,
5. Fotokopi ijazah SLTP,
6. Fotokopi ijazah SLTA.

INGAT !

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga Anda wajib sudah terdaftar di Disdukcapil. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

3 Masalah Besar CPNS 2017, Jangan Diulang !

Pemerintah atau BKN juga merilis 3 masalah utama ketika seleksi CPNS 2017.

Badan Kepegawaian Nasional sebagai koordinator pelaksana seleksi nasional, merilis beberapa masalah yang muncul saat pendaftaran CPNS TA 2017.

Sebagai antisipasi supaya masalah serupa tidak akan terulang di CPNS 2018 ini.

Masalah hasil temuan rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017. Yang difasilitasi oleh BKN selama pelaksanaan CPNS 2017 berlangsung.

Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian dapat Anda baca di atas.

Dan 3 permasalahan tersebut yakni :

1) Nomor Indentitas Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) tidak ditemukan.

Mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran online lewat https://sscn.bkn.go.id terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat;

2) Salah Input Data.

Dari rekapitulasi pengaduan yang diterima Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan karena pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Selain itu, kebanyakan pelamar terburu-buru melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki;

3) Salah Input Dokumen Pendaftaran CPNS.

Ternyata hal seperti ini juga masih menjadi kendala yang banyak sekali dialami pelamar. Mungkin mereka belum melek akan teknologi IT.

Mungkin saat itu pelamar tidak meneliti seksama terkait syarat atau kualifikasi. Juga terkait dengan dokumen yang diminta.

Umumnya hal di ataslah yang menjadi awal terjadinya salah input dokumen persyaratan CPNS.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pelamar diminta supaya memahami betul kualifikasi, syarat dan alur/mekanisme pendaftaran CPNS.

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan cara berkomentar. Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan untuk pengunjung secara umum.

Diharap dengan postingan Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Setelah Rakornas Kepegawaian dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga sukses dan lulus menjadi PNS.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Cara Mencetak Kartu Tanda Pesert Tes CPNS 2018
  2. Bocoran Soal Tes CPNS dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2018
  3. Download Soal CPNS Gratis Dan Pembahasannya PDF

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.