Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1

caradaftarcpns.com. Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1. Sudah admin bagikan juga beberapa contoh syarat pendaftaran CPNS 2018 baik dari lulusan SMA sampai lulusan S1.

Akan tetapi, masih juga ada yang meminta untuk membagikan kembali secara lengkap untuk syarat pendaftaran CPNS 2018 ini.

Dalam artikel informasi tentang Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 kali ini, saya akn mencoba berbagi secara sederhana saja.

Silahkan Anda tanyakan jika belum jelas terkait informasi syarat pendaftaran CPNS 2018 ini. Tentunya melalui kolom komentar di bawah.

Guanakan bahasa yang baik dan sopan yak kawan, komentar spam akan otomatis dihapus oleh sistem.

Tentunya ini merupakan sebuah kabar yang menggembirakan bagi Anda peminat kerja PNS. Karena bagi pendaftar CPNS 2017 yang gagal bisa mengikuti seleksi CPNS 2018 in.

Namun dengan syarat jika usia masih diperbolehkan. Seleksi penerimaan CPNS 2018 dapat diikuti oleh peserta CPNS gelombang 1 dan gelombang 2 tahun 2017 yang gagal.

Ya kawan, pada pendaftaran cpns 2017 lalu gagal jangan patah semangat, karena tahun 2018 ini Anda dapat mengikuti seleksi CPNS kembali.

Pendaftaran CPNS 2018 ini dapat dilakukan melalui website www.bkn.go.id.

Lebih jelasnya, berikut saya bagikan Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1. Jika dirasa masih kurang, silahkan buka halaman berikutnya di dalam blog ini.

Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1

Syarat Mendaftar CPNS 2018

1. Pendaftaran CPNS 2018 gelombang 3 dibuka Awal Juli 2018 setelah Pilkada.

2. Syarat Umum Pendaftaran CPNS 2018, adalah :

a. WNI bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.

b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

c. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

d. Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.

e. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

3. Dokumen atau Berkas Persyaratan Penting yang Harus Dipersiapkan untuk mendaftar CPNS 2018.

Berkas atau Dokumen pendaftar lulusan SMA D3 dengan sarjana ada perbedaan.

Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan S1 tenaga profesional yang harus disiapkan sebagai berikut :

a. KTP dan fotocopy nya
b. Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir fotocopy nya
c. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT fotocopy nya
d. Pas foto terbaru, 4 x 6 cm, 4 lembar, background merah.

Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain :

a. Materai Rp 6.000
b. KTP dan Fotokopi
c. Ijazah/STTB dan Fotokopi
d. Ijazah SD dan Fotokopi
e. Fotokopi ijazah SLTP
f. Fotocopy ijazah SLTA.

4. Alur Pendaftaran CPNS 2018 (langkah langkah mendaftar CPNS 2018)

– Pendaftar dilakukan melalui website masing-masing kementrian/CPNS daerah.
– Isi formulir dan jangan lupa ditandatangani
– Anda akan mendapat nomor bukti registrasi, cetak saja
– Unggah/kirimkan dokumen yang diminta, sertakan pas foto sesuai ketentuan.
– Kirimkan berkas dokumen seperti formulir pendaftaran.

5. Alokasi Formasi Jumlah CPNS 2018 yang akan diterima.

Meskipun angka pensiun di tahun 2018 ini mencapai 250 ribu ASN, Yang akan diterima menjadi CPNS tidak akan lebih dari itu.

Memang sudah dipastikan tak lebih dari 250.000 posisi yang diusulkan pada CPNS 2018. Sejumlah 38 ribu khusus pemerintah pusat dan lainnya untuk pemerintah daerah.

6. Gaji PNS 2018 Yang Sangat Menggiurkan !

Menurut isi dan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan.

Jangan lupa untuk membagikan informasi Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 ini ke rekan lainnya di facebook dan WA.

Gaji pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS.

Bahwa gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7.

Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.

Pada tahun 2018 ini, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta.

Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialisasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.

Sistem baru ini tidak akan menaikkan porsi belanja pegawai yang jumlahnya kini sudah mencapai sekitar Rp 270 triliun per tahun.

Terkait pemberian manfaat bagi para pensiunan PNS, “calon beleid” ini belum memiliki ketentuan yang jelas agar tidak merugikan PNS dan negara.

Seperti diketahui gaji pokok PNS belum mengalami kenaikan selama 3 tahun teakhir.

mampir ke : Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Bulan Ini, Bocoran MenPAN RB

Gaji pokok pada tahun 2017 lalu masih sama dengan 2015 lalu. Jika ada kenaikan itu hanya untuk tunjangan saja.

Gaji pokok PNS 2017 lalu mengacu pada PP Nomor 30 Tahun 2015. Besarannya tergantung golongan dan Masa Kerja Golongan (MKG).

Itulah beberapa informasi mengenai Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1 yang bisa kami bagikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Informasi di atas juga berkaitan dengan pendaftaran cpns 2018 online, syarat pendaftaran cpns 2018, pendaftaran cpns agustus 2018, dan pendaftaran cpns guru 2018.

Melanjutkan juga terkait dengan lowongan kerja cpns 2018, lowongan cpns maret 2018, website pendaftaran cpns, dan portal cpns 2018.

Terimakasih.

Baca juga :

  1. Waspadai Informasi Bocoran Kumpulan Soal Tes CPNS 2018 Palsu
  2. Download Latihan Soal Tes CPNS Terbaru dan Lengkap Pdf Word

6 Replies to “Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1

  1. Apakah ijazah SMA usia di bawah 35 tahun bisa mengikuti test cpns, atau ada batasan usia untuk ijazah SMA

    1. Lebih bagus agar dilegalisir dahulu bu Erna,,,untuk jaga2x ketika nanti pas verifikasi dokumen asli diminta yang copy legalisir. Soalnya pendaftaran CPNS itu memang diperlukan otentikasi dokumen asli dan copy legalisir nya.

    1. Cara memperoleh/mengetahui akreditasi BAN PT

      Sebenarnya yang dapat mengajukan akreditasi BAN-PT adalah pihak institusi pendidikan bukan atas nama perorangan (individu). Sehingga bagi pendaftar cpns 2018 tidak perlu khawatir, kalian cukup datang ke Universitas/Perguruan Tinggi yang terkait untuk meminta salinan atau fotocopy surat keterangan akreditasi BAN-PT kemudian akan distempel untuk pengesahan yang menunjukkan bahwa surat tersebut benar berasal dari Universitas atau Perguruan Tinggi yang terkait.

      Hal pertama yang dilakukan pertama kali sebelum melakukan legalisir akreditas adalah dengan memiliki bukti akreditas dahulu. Caranya siapkan berkas-bekas dibawah ini sebelum mengajukan permohonan akreditas, yaitu :
      1. Map Biru (*saran saya warna biru, kalau mau warna lain juga boleh);
      2. Fotocopy Ijazah 1 lembar;
      3. Fotocopy Transkip Nilai 1 lembar;
      4. Materai 6000 (*beli dikantor POS lebih murah);
      5. Surat Permohonan Akreditas (*ketik sendiri dan tanda tangan dengan menempelkan materai 6000)

      Contoh surat permohonan silahkan cari di internet, agar tidak salah atau klik Draft Surat Permohonan Akreditas
      Berkas fotocopy sampai dengan surat permohonan akreditas yang telah ditanda tangani dimasukan kedalam map yang telah disediakan. Tulis nama lengkap di depan map dan kemudian serahkan kepada pegawai birokrasi yang berada di Gugus Jaminan Mahasiswa (GJM) untuk ditangani oleh Dekanat.

      Setelah surat akreditas telah selesai, maka tahap kedua ialah melegalisir akreditas. Dalam pengurusan legalisir, yang mengajukan wajib mem-fotocopy-kan lembar bukti akreditas yang telah diperoleh sesuai dengan kebutuhan.
      Catatan : sejauh ini informasi yang saya peroleh, setiap orang hanya diperbolehkan melegalisir sebanyak 5 lembar per pengajuan.

      Setelah memahami prosedur diatas, maka yang mengajukan permohonan harus mempersiapkan :
      1. Map Biru (*recommended);
      2. Fotocopy legalisir 5 lembar;

      Berkas-berkas tersebut dibawa ke ruangan bagian keuangan untuk memperoleh dan melampirkan nota pembayaran sekaligus mendapat stampel ‘sah’ di setiap lembar berkas. Sesuai aturan adminitrasinya, satu lembar legalisir dikenakan biaya sebesar Rp.2.500,-, jadi bila lima lembar harus menyediakan biaya sebesar Rp. 12.500,-. Pembayaran lunas dan lanjut ke GJM untuk ditandatangani oleh Dekanat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.