Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018

caradaftarcpns.com. Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018. Rekrutmen CPNS 2018 segera dibuka untuk formasi 2018. Tentunya berita ini sangatlah menarik bagi pencari kerja.

Pentingnya untuk mengetahui tahapan seleksi cpns 2018, dan di bawah ini merupakan beberapa tahapan proses seleksi CPNS 2018.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 terkait Manajemen PNS, Badan Kepegawaian Negara berhak mengumumkan penerimaan CPNS.

Di PP 11 2017, kami berkewajiban untuk mengumumkan itu, paling tidak (selama) 3 minggu,” ujar M Ridwan di Jakarta, Senin (25/6/2018).

Setelah CPNS 2018 nantinya diumumkan, tambah dia, masyarakat umum dapat mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS. Tentunya harus sesuai dan memenuhi persyaratan.

Pendaftaran CPNS 2018 SSCN BKN harus melalui portal yang sudah disediakan oleh BKN. Waktu pendaftaran CPNS umumnya diberik waktu 1 bulan.

Mereka (masyarakat) bisa mendaftar online di sscn.bkn.go.id. Itu kira-kira di kasih waktu 1 bulan,” kata dia.

Berikutnya, Badan Kepegawaian Negara akan melaksanakan seleksi pelamar. Seleksi pelamar CPNS berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) umumnya akan di laksanakan oleh instansi dan lembaga (K/L) atau pemerintah daerah (pemda) masing-masing.

Setelah itu akan ada seleksi kompetensi dasar oleh BKN, kemudian mungkin ada seleksi kompetensi bidang oleh kementerian, lembaga dan daerah masing-masing. Setelah itu selesai,” ungkap dia.

Selain hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana menginformasikan di bawah ini.

Tahap rekrutmen CPNS akan dimulai dengan rilis pengumuman penerimaan sampai pengumuman hasil seleksi. Umumnya akan berlangsung dengan ketat dan cepat.

Akan tetapi hal itu tergantung dari tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh K/L atau pemda masing-masing.

Bisa cepat, kalau suatu kementerian sudah selesai, bisa saja langsung diumumkan, tidak harus menunggu semuanya selesai. Tapi kan ada juga selain tes yang dilakukan oleh BKN, kementerian lembaga ingin melakukan tes sendiri, sistem seleksi kompetensi bidangnya. Itu kan perlu waktu,” tandas dia.

Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018

BKN akan membuka Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018 sesudah Pilkada 27 Juni 2018. Untuk itu kemungkinan besar rilis pengumuman pendaftaran penerimaan CPNS awal Juli 2018.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN RB, Herman Suryatman mengatakan, hingga kini KemenPAN RB masih validasi jumlah formasi CPNS 2018.

Untuk itu, ia belum dapat mengatakan berapa kebutuhan formasi CPNS 2018 yang akan dibuka tahun ini.

Tapi untuk gambaran saja, ia mengatakan jumlah Pegawai Negeri Sipil yang pensiun 2014 – 2017 sekitar 220.000 orang.

Oleh karena itu besar kemungkinan Jumlah Formasi CPNS 2018 akan berjumlah tidak lebih dari itu.

Untuk jumlah formasi kita tunggu penetapan dari Menteri PANRB Asman Asbur, yang jelas skemanya zero atau negative growth,” jelas dia, Minggu (23/6/2018).

Skema Zero atau Negatif Growth Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018 mempunyai arti, bahwa yang akan diterima menjadi PNS di tahun 2018 tidak akan melebihi jumlah pensiun.

Formasi CPNS 2018 Yang di utamakan

Admin kutip dari laman Kemen PAN RB, Menteri Asman Abnur menjelaskan lainnya juga. Selain Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018.

Yaitu, lowongan kerja CPNS 2018 akan diprioritaskan bagi jabatan teknis dan spesialis. Dengan tujuan meningkatkan pembangunan daerah terluar, tertinggal, dan terdepan.

Penerimaan CPNS akan diutamakan bagi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Lainnya yaitu tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, ketahanan energi, poros maritim, dan ketahanan pangan.

Indonesia sangat membutuhkan spesialisasi keahlian. Itulah kenapa perencanaan dan usulan formasi CPNS baru harus diprioritaskan.

Tentunya untuk jabatan spesifik sesuai core business instansi, sasaran nawa cita, dan arah pembangunan nasional/daerah.

Sehingga nantinya bisa meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah internasional.

Hingga kini jumlah PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) sekitar 4,3 juta. Pendaftaran CPNS 2018 dapat melalui website bkn.go.id.

Proporsi terbanyak selain tenaga guru antara lain tenaga pelaksana/administrasi, sebanyak 1,6 juta / sekitar 38%.

Demi terciptanya sistem birokrasi pemerintah yang berkelas dunia tahun 2024, pemerintah Indonesia telah mengadakan program strategis.

Program tersebut diawali dengan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan ASN.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018 tersebut.

Anda dapat berbagi informasi website ini dengan memberikan komentar.

Kontribusi Anda dalam berkomentar dan berbagi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan web ini, dan untuk pengunjung secara umum.

Semoga dengan Tahapan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018 ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan pendaftaran, semoga sukses.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk mampir :

  1. Pengumuman Formasi CPNS 2018 Honorer K2 Beredar Hoax
  2. Bank Soal CPNS dan Kisi-Kisi CPNS TKD, TKB, Simulasi CAT
  3. Syarat Mendaftar CPNS 2018 Lulusan SMA D3 S1
  4. Syarat Kenaikan Pangkat PNS Jabatan Tertentu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.